Nusakambangan, paradoks pulau untuk napi

1
16
Photo by Nick Agus Arya on Unsplash.

pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, selama ini dikenal sebagai penjara dengan narapidana (napi) kelas berat. Tapi sebenaranya, di pulau yang berlokasi di Cilacap Jawa Tengah itu menyimpan kecantikan alam dan nilai sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari barisan pantai eksotis, gua-gua indah, hingga benteng peninggalan Portugis.

Kita mulai dari Pantai Permisan. Pantai ini tergolong sepi, maklum memang bukan destinasi wisata yang umum, tapi hanya dikunjungi oleh keluarga penjenguk napi saja.

Untuk mengunjungi pantai ini, masuklah ke Nusakambangan lewat Pelabuhan Sodong, lalu naik kapal Pengayoman II. Kemudian, untuk mencapai pantai tersebut, lanjut dengan naik bus sekitar 15 km yang disediakan pihak lapas.

Pantai Permisan ternyata memiliki kecantikan alami. Pantainya berpasir dengan gradasi putih dan hitam. Selain pasir, ada batu-batu karang yang menghiasi beberapa bagian, menjadikan pantai tersebut enak dipandang mata.

Pantai selanjutnya Pantai Karang Pandan. Tak jauh dari Teluk Penyu, Cilacap, Anda bisa menyeberang ke destinasi ini. Berbeda dengan Pantai Permisan, Pantai Karang Pandan memiliki pasir putih yang lembut. Di seberang terdapat pulai karang, Pulau Majethi. Sungguh sebuah pemandangan yang indah. Berfotolah sepuasnya, karena semua yang tersedia di alam bebas tersebut sangat instagramable!

Dekat Pantai Karang Pandan terdapat Benteng Karang Bolong. Inilah situs wisata sejarah yang dibangun Portugis pada 1716, namun kemudian dikuasai oleh tentara kolonial Belanda. Dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan dan pengintai musuh.

Berfotolah sepuasnya, karena semua yang tersedia di alam bebas tersebut sangat instagramable!

Benteng tersebut kelihatan kurang terawat dengan banyaknya akar tumbuhan yang tumbuh di atasnya. Oleh sebab itu, Benteng Karang Bolong ini kini lebih mirip gua daripada benteng.

Selain napi, bukan berarti Nusakambangan tanpa penghuni. Di sini terdapat Kampung Laut, yang terletak di pesisir Selat Segara Anakan. Penghuni kampung ini adalah para nelayan. Traveler sejati pasti tidak menyia-nyiakan bergaul dengan mereka, untuk mendapatkan pengalaman baru, juga local wisdom dari kehidupan penduduknya.

Kampung Laut ini mempunyai gua-gua cantik yang perawan, sebutlah  Gua Ronggeng, Gua Pawon, dan Gua Payung. Banyak “harta karun” di pulau ini, seperti hutan mangrovedi mana para nelayan bisa berburu ikan kerapu, udang galah, dan lain-lain. Anda pun bisa mencobanya.

1 KOMENTAR

  1. I have read a few just right stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I wonder how so much attempt you place to make this type of great informative web site.

TINGGALKAN PESAN

ketik komentar anda
Masukkan nama anda di sini