E-Commerce menjadi salah satu pasar bisnis digital yang kian berkembang di Indonesia, hal ini sejalan dengan riset yang dikemukakan oleh Mckinsey yang menyatakan bahwa di tahun 2020 e-commerce Indonesia akan terus bertumbuh hingga US$65 miliar (Rp910 triliun). Namun, saat ini dominasi pasar e-commerce lebih berfokus pada model B2C (bussiness to consumer) dan C2C (consumer to consumer), hal ini dikarenakan customer sudah terbiasa dengan layanan B2C dengan kemudahan serta keuntungan yang ditawarkan. Sebagai salah satu pemain B2B e-commerce, Daruma memberikan “Solusi” total bagi pelaku industri untuk mulai beralih dari sistem konvensional.
Untuk memahami lebih jauh mengenai model B2B e-commerce, Daruma membuka “Offline Store” di LTC Glodok yang dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan kebutuhan industri terbesar di Jakarta. “Kami berharap dengan adanya offline store ini dapat menjadi pusat konsultasi bagi para pelaku industri yang masih berada dalam model pembelian konvensional. Jadi alurnya adalah, kami menyediakan standing tablet dan laptop serta display produk dengan venue yang nyaman bagi para consumer. Consumer akan dipandu oleh tim kami mulai dari pendaftaran akun, pencarian barang, pembelian hingga pilihan pembayaran, pada proses pendampingan consumer akan mengetahui berbagai fitur B2B yang tersimplifikasi dalam satu platform,” ucap Della Anizar selaku Marketing Executive saat ditemui saat pre opening offline store Daruma 4 September 2019.
Hadir dengan lebih dari 250.000 produk dan 100.000 produk ready stock, yang terdiri lebih dari 1.000 brand resmi dengan 21 kategori seperti: Hand Tools, Machining, Safety, Material Handling, Abrasive, Electrical, Office Supplies & Storage, Hardware, Power Tools, Pneumatic, Fastener, Electronics, Cleaning, Plumbing, Lab Supplies, Welding, Painting, Adhesive & Sealent, Painting & Consumable, Computer Device, IT, Lubricants, Home Appliance dan Service Equipment. “Kami yakin dapat mengedukasi serta menjadi solusi total bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia, dengan platform e-procurement yang menghadirkan solusi kemudahaan dan kecepatan pada proses pengadaan barang dan jasa. Keseluruhan proses tersimplifikasi menjadi fitur-fitur seperti: sistem penawaran otomatis, checkout otomatis, halaman dashboard, re-order, serta pengiriman permintaan pembelian,” Ucap Novi Indarwati selaku Coorporate Sales Manager Daruma.
Daruma.co.id hadir dengan platform B2B yang menghubungkan peneydia barang dan pembeli, memberikan informasi produk yang akurat, menyediakan barang ready stock serta pengantaran barang tepat waktu.