Selasa, Juli 27, 2021

Export for All

Must read

Ekspor perdana produk UKM melalui PLB e-commerce 

Ekspor menjadi kebutuhan mutlak bagi perekonomian Indonesia agar bisa terus tumbuh berkelanjutan. Ekspor tidak hanya menjadi sumber pemasukan bagi pelaku usaha dan perekonomian nasional, tetapi semestinya juga menjadi sarana untuk memeratakan pembangunan dengan mengikutsertakan segenap komponen bangsa. Ekspor tidak hanya perlu dilakukan oleh perusahaan besar nasional dan multinasional yang beroperasi di Indonesia, tetaoi juga perlu dilakukan oleh koperasi, pelaku usaha menengah, kecil, mikro dan perorangan sekalipun sehingga menjadi sebuah gerakan ekspor dan menjadikan “Export for All”. 

Gerakan Ekspor Nasional yang diinisiasi KADIN Indonesia Bidang Perdagangan sebagai implementasi dari “Export for All” mentargetkan lahirnya 100.000 eksportir baru dalam waktu lima tahun ke depan, sehingga ekspor benar-benar menjadi sebuah langkah bersama para pelaku usaha Indonesia dengan dukungan penuh dari pemerintah, lembaga pembiayaan dan segenap unsur terkait. 

Photo by Raoul Ortega on Unsplash

E-commerce yang mendapat pijakan hukum lebih pasti untuk pengembangannya sejalan dengan telah diterbitkannya PP No. 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik merupakan sarana perdagangan masa kini yang digemari oleh pelaku usaha baru termasuk ibu-ibu dan khususnya generasi milenial. Dan oleh karenanya ekspor masa kini perlu mendayagunakan e-commerce agar bisa mengikutsertakan segenap potensi perekonomian termasuk ibu-ibu dan generasi milenial di kota dan segenap pelosok desa di seluruh Indonesia. 

Hadirnya Pusat Logistik Berikat (PLB) e-commerce di Indonesia yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI (PMK) No. 28 Tahun 2018 tentang PLB khusus e-Commerce memberi kewajiban pada pengelolanya untuk memfasilitasi ekspor produk UKM dan membuat Export For All dan Ekspor Produk Wong Cilik semakin menjadi kenyataan. 

KADIN Indonesia Bidang Perdagangan Komite Tetap Pengembangan Ekspor sebagai penggagas Gerakan Ekspor Nasional merajut kerjasama dengan PT Uniair Indotama Cargo yang merupakan PLB e-Commerce pertama di Indonesia dengan dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan; mengajak para koperasi dan UKM yang memproduksi produk-produk layak ekspor untuk memulai ekspor perdana produk UKM melalui para aggregator ekspor yaitu PT PPI (Persero), PT Sarinah (Persero), Koperasi NU Circle Nusantara, PT Ewwon Indonesia dan LLP KUKM (SMESCO Indonesia) pada hari Kamis 19 Desember 2019 melalui PLB e- commerce PT Uniair Indotama Cargo. 

Peresmian ekspor perdana produk UKM melalui PLB e-commerce dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Bapak Teten Masduki dan Menteri Perdangan RI Bapak Agus Suparmanto bersama Dirjen Bea dan Cukai Bapak Heru Pambudi dan Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno bersama Lili Chodidjah Wahid, Ketua Dewan Pengawas Koperasi NU Circle Nusantara, Lisa Juliawati Direktur Utama PT Uniair Indotama Cargo, Ibu Sinthya Roesly Direktur Eksekutif LPEI beserta apara aggregator ekspor. 

Pada peresmian ekspor perdana produk UKM melalui PLB e-commerce di hari bersejarah “19- 12-19” sebagai hari ekspor produk wong cilik, juga ditandatangani nota kesepahaman (MOU) antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Exim Bank) dengan para aggregator ekspor produk UKM yaitu PT PPI (Persero), PT Sarinah (Persero), Koperasi NU Circle Nusantara dan PT Ewwon Indonesia untuk mendukung lebih besar dan lebih efektifnya ekspor produk-produk UKM Indonesia agar produk UKM Indonesia bisa masuk ke seluruh dunia dengan efektif. 

Nota Kesepahaman SGS Indonesia dan KADIN Indonesia Bidang Perdagangan juga ikut mendukung ekspor produk UKM melalui pengembangan kualitas produk UKM agar lebih siap memasuki pasar global. Demikian pula, MOU antara PT Arrbey International dan PowerCommerce yang mengembangkan CorrePower menyediakan platform digital untuk memfasilitasi promosi dan transaksi produk UKM Indonesia di pasar dunia melalui jaringan e- commerce global. 

Pada peresmian ekspor perdana produk UKM melalui PLB-ecommerce pada “19-12-19” diekspor sebanyak 3758 barang yang dikemas dalam 131 koli barang dengan 608 jenis produk dalam satu container dengan nilai lebih dari USD 38.000 yang dikirim ke PLB e-commerce di Ningbo China untuk kemudian di upload di marketplace e-commerce di pasar lokal China dan dunia. 

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article