Kerugian transaksi bisnis diperkirakan mencapai Rp 1 triliun
Banjir ekstrim yang melanda ibukota Jakarta dan sekitarnya membuat berbagai aktivitas bisnis lumpuh total. Perputaran uang selama libur tahun baru yang diperkirakan melonjak tajam dan akan mampu menopamg pertumbuhan ekonomi Jakarta tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banjir yang tergolong diluar perkiraan ini sangat memukul pelaku usaha diberbagai sector seperti ritel, restoran, pelaku UMKM,pengelola destinasi wisata, pengelola taksi, Grab dan Gojek. Kerugian transaksi atau perputaran uang diperkirakan mencapai Rp 1 triliun, dengan asumsi perhitungan sebagai berikut;
Sektor ritel diperkirakan 400 toko ritel terkena dampak langsung tidak bisa buka melayani pelanggan. Jika satu toko memiliki pelanggan sekitar 100 orang dikalikan 400 toko jumlah pelanggan 40.000 dengan asumsi belanja rata-rata Rp250.000 maka kerugian diperkirakan mencapai Rp10.000.000.000/ hari. Ini belum termasuk toko ritel yang ada di dalam mal dan pasar tradisional.
Pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta ada sekitar 82 mal dengan rata-rata jumlah pengunjung saat libur tahun baruan mencapai 5.000 orang dengan asumsi belanja makan dan minum minimal Rp200.000, maka transaksi mencapai 82 x 5000 x 200.000 sama dengan Rp82 miliar jika pengunjung turun sekitar 50% maka kerugian transaksi mencapai Rp41 miliar.
Data dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia DKI Jakarta terdapat 28 pasar tradisional yang terkena imbas banjir dengan jumlah pedagang sebanyak 250/pasar, total pedagang 7.000 pedagang. Jika rata-rata penjualan sekitar Rp500.000/pedagang maka kerugian transaksi mencapai Rp3.5 miliar.
Sektor pariwisata merupakan pusat hiburan di Jakarta yang sangat banyak dikunjungi warga Jabodetabek saat liburan tahun baru seperti; Ancol, Kota Tua, Monas, TMII, KB Ragunan. Setiap tahun biasanya dikunjungi ratusan ribu orang, namun akibat banjir, mengalami penurunan antara 50 s/d 70%. Asumsinya sebagai berikut:
Ancol
Target pengunjung Ancol selama dua hari (31 Desember & 1 Januari setidaknya 230.000 orang. Data yang masuk hingga pukul 17.00 WIB mencapai 64.673 orang, total pengunjung diperkirakan mencapai 75.000 pengunjung. Sedangkan tanggal 1 Januari 2020 praktis merosot tajam akibat banjir,artinya dari target awal ada selisih sebesar 155.000 orang,jika rata2 mengeluarkan biaya tiket,parkir dan makan minum sebesar 100.000 maka kerugian transaksi sebesar Rp15,5 miliar.
Kota Tua
Data pengunjung 25 Desember 2019 mencapai 42.426 orang dan biasanya untuk tanggal 1 Januari akan naik lagi sebesar 50% menjadi 63.000 pengunjung. Setidaknya ada 6 spot di kota tua yang wajib dikunjungi seperti ; Museum Fatahillah,museum wayang,sewa sepeda,foto cosplay,took merah dan museum Bank Indonesia.Dengan total pengeluaran sebesar Rp55.000/orang maka kerugian transaksi bisa mencapai Rp3,465 miliar.
Monas
Jumlah Pengunjung Monas Meningkat di Libur Natal 2019, Total 137.118 Pengunjung artinya pada saat libur tahun baru akan mengalami peningkatan sebesar 50% menjadi 205.500. Jika rata rata mengeluarkan 50.000 per orang maka kerugian transaksi mencapai Rp10,275 miliar.
TMII
Data 2019 jumlah pengunjung mencapai 100.000 orang jika dibanding tahun baru 2020 hannya mencapai 37.000, artinya terjadi penurunan hingga 63% sekitar 63.000. Jika per orang mengeluarkan biaya tiket, parkir dan makan/minum sebesar Rp50.000 maka kerugian transaksi mencapai Rp3,15 miliar.
KB Ragunan
Data 2019 jumlah pengunjung 160.000, dibanding pengunjung tahun baru 2020 jumlah pengunjung hanya 25.000, artinya berkurang mencapai 135.000. Jika rata- rata mengeluarkan biaya tiket,p arkir dan makan dan minumj sebesar Rp40.000 maka kerugian transaksi Rp5,4 miliar.
Restoran
Jumlah outlate restoran di DKI Jakarta sebanyak 3957, penurunan omzet rata-rata 50%, jika setiap restoran memiliki transaksi minimal Rp2 juta saja maka kerugian transaksi mencapai Rp7,914 miliar.
Transportasi
Dari sisi transportasi taksi, Grab dan Gojek yang mengalami penurunan omzet mencapai 70%. Jumlah taksi online di Jabodetabek mencapai 36.000 kenderaan,jika omzet menurun rata rata Rp.100.000 maka kerugian transaksi mencapai Rp3,6 miliar. Sedangkan jumlah ojek online di Jabodetabek mencapai 1.250.000 pengemudi. Jika omzet turun menjadi rata rata Rp25.000 maka kerugian transaksi mencapai Rp31,25 miliar.
Ini belum termasuk kerugian yang dialami langsung pelaku usaha seperti 1.500 unit taksi yang terendam ( jika dirata-ratakan harganya Rp200 juta maka kerugian mencapai Rp300 miliiar), sekitar 7.000 pedagang tradisional yang kehilangan barang dagangannya (Jika dirata-ratakan 10juta maka kerugian mencapai Rp70 miliiar), serta berbagai sarana prasarana di beberapa pusat perbelanjaan yang masih dulit mendapatkan datanya.
Jika kita jumlahkan secara keseluruhan kerugian transaksi dari sisi perputaran uang akibat banjir ekstrim 2020 bisa mencapai sebesar Rp35,054 miliar per hari.Jika kita kalikan selama 5 hari musim liburan tenggang waktu 1 s/d 5 Januari suasana banjir ,maka taksiran kerugian mencapai minimal Rp675,27 miliar. Jika ditambah dengan kerugian langsung (taksi dan pedagang pasar sekitar Rp370 miliar) perkiraan kerugian mencapai Rp.1.045.270.000.000.
Sedangkan sektor logistik umumnya tidak begitu terganggu karena stok untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru sudah di kirim lebih awal.Yang dikawatirkan itu adalah setelah aktivitas usaha berjalan normal dimana pengiriman barang akan berjalan normal jika terjadi banjir maka aktivitas logistik akan terganggu dan akan mengganggu pasokan.
Kerugian tersebut diatas belum termasuk kerugian material yang langsung dialami oleh warga yang terkena banjir seperti; mobil, motor, barang elektronik, sofa, surat-surat berharga dan perabotan rumah tangga yang angkanya juga bisa mencapai ratusan miliar. Juga kerusakan infrastruktur milik pemerintah provinsi DKI Jakarta seperti bangunan sekolah dan gedung perkantoran lainnya.
Sekali lagi kami sampaikan ini adalah asumsi atau perkiraan, tidak ada data yang pasti, minimal kita punya gambaran atau bayangan dampak banjir ini terhadap kerugian transaksi/perputaran uang selama libur tahun baru 2020 yang seharusnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta dan menjaga angka inflasi.
Peluang Usaha Pasca Banjir
Banjir pada umumnya akan merugikan dunia usaha dan warga pada umumnya namun bagi usaha sector tertentu dampak banjir ini meraup omzet yang cukup besar seperti Bengkel Motor dan mobil, servis elektronik seperti (kulkas, TV, dispenser), laundry, jasa pembersih karpet, sofa, tempat tidur, dan lain-lain. Juga industri mengalami permintaan yang tinggi seperti produsen spare part mobil/motor, oli, alat kebersihan (sapu, pengki, serokan, alat pel, selang, sikat lantai dan lain-lain) juga makanan dan minuman seperti; beras, mie instan, minyak goreng, biskuit dan air mineral termasuk restoran siap saji. Dari pengamatan yang kami lakukan banyak antrian di bengkel mobil dan motor dan kehabisan spare part yang dibutuhkan.
Harapan Pelaku Usaha
Menghadapi ancaman banjir ekstrim seperti ini kami butuh solusi bukan polemik.Kami menyayangngkan adanya pro kontra saling menyalahkan dan membanding bandingkan oleh segelintir orang apalagi dikait kaitkan dengan kepentingan politik. Pelaku usaha dan masyarakat Jakarta sudah cerdas dan tidak akan terprovokasi dengan berbagai pendapat yang bernada miring,karena yang dibutuhkan masyarakat adalah solusi bukan perdebatan yang tidak cerdas.Ini adalah siklus alam,siapapun tidak bisa menduga secara pasti. Kami mendukung penuh langkah taktis dan strategis yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah penyanggga Bodetabek agar dapat merumuskan Bersama strategi yang akan dilakukan sehingga kita mampu mengurangi dan menghadapi ancaman banjir ke depan agar tidak mengganggu aktivitas bisnis dan masyarakat. Semoga para pemimpin kita dapat memiliki persepsi yang sama dalam menghadapi permasalahan ini.
Kami juga tegaskan bahwa kami tidak akan melakukan gugatan apapun kepada Gubernur Prov.DKI Jakarta. Jika ada kelompok dunia usaha yang melakukan itu sah sah saja akan tetapi sangat disayangkan karena ini adalah siklus alam yang susah untuk diprediksi. Lebih cerdas mengedepankan dialog,memberikan masukan,saran dan pandangan untuk mengantisipasi kemungkinan banjir dimasa yang akan datang.
Sarman Simanjorang
- Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Provinsi DKI Jakarta
- Wakil Ketua Umum DPP APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia)