Impact 2020: AI On Your Fingertips
Vutura by Telkom Indonesia meluncurkan sebuah inovasi produk AI (artificial inteligence/ teknologi kecerdasan buatan) yang menghadirkan solusi bisnis cerdas bagi pelaku bisnis berupa platform chatbot untuk berkomunikasi dengan konsumen, 30 Januari 2020.
Dengan memanfaatkan teknologi natural language processing (NLP), asisten virtual Vutura tidak hanya mampu meningkatkan interaksi antara manusia dengan mesin, namun juga memberikan solusi bagi pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara mudah dan fleksibel dengan konsumennya.
Aplikasi chatbot Vutura yang dikembangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini memungkinkan para pelaku bisnis di Indonesia untuk dapat meningkatkan aktivitas customer support dengan memanfaatkan kolaborasi antara teknologi chatbot dan manusia, sehingga pelaku bisnis dapat melakukan interaksi yang lebih cepat dan baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan revenue. Di Indonesia chatbot menjadi investasi teknologi yang sangat menjanjikan dan inovasi AI yang dihadirkan Vutura menjadi pilihan tepat untuk beragam bisnis.
CEO Vutura, Riztama Prawita menyampaikan, “Vutura ingin mengenalkan bagaimana AI (Teknologi kecerdasan buatan) dapat dimanfaatkan ke dalam banyak aspek bisnis terutama customer engagement sesuai bisnis yang dijalankan. Vutura dikembangkan sedemikian rupa untuk dapat dimanfaatkan oleh pebisnis secara mudah, fleksibel dan insightful. Vutura tidak hanya mudah digunakan karena pengguna dapat membuat chatbot sesuai untuk kepentingan bisnis yang ada, namun juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja serta menghemat biaya pengeluaran perusahaan (capable, accessible and affordable). Selain itu Vutura juga fleksibel karena chatbot dapat terhubung dengan aplikasi pengirim pesan.”
Lebih jauh Riztama menjelaskan bahwa demi meningkatkan customer engagement experience, Vutura dapat diintegrasikan dengan aplikasi instant messaging yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti WhatsApp, Facebook Messenger, LINE dan Telegram. Vutura bahkan juga dapat dihubungkan dengan website atau mobile apps milik klien.
Sejumlah institusi besar di Indonesia telah memanfaatkan Vutura, di antaranya adalah Global Komunika, Halofina, Kimia Farma hingga Telkom Indonesia serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Digital Fundraising Manager BAZNAS Hafiza Elfira Nofitariani menyampaikan, “Zavira (Chatbot olahan Vutura) memberikan begitu banyak manfaat. Cukup dengan menambahkan @BAZNASIndonesia sebagai teman di menu official account LINE, pengguna dapat bertanya berbagai pengetahuan seputar zakat, infaq dan sedekah.”
Dalam momen peluncuran Vutura ini juga dihelat event Impact 2020: AI On Your Fingertips, berupa talkshow yang mengangkat tema pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk bisnis dan menghadirkan narasumber antara lain CEO Vutura Riztama Prawita, CEO Qiscus Delta Purna Widyangga, Digital Fundraising Manager BAZNAS Hafiza Elfira Nofiatariani dan Product Development Manager LINE Dewanda Saputri.
Vutura.io adalah perusahaan AI (kecerdasan buatan) yang memberikan kesempatan untuk semua orang untuk mengotomasi sistem kerja dan pelayanan tanpa bersusah payah dengan masalah teknikal. Dengan fitur yang simpel untuk membuat chatbot dan live chat.