Orang-orang murah hati

0
12

Pada tahun 1882 sebuah peluru menembus leher Jesse James. Peluru itu ditembakkan oleh sahabat terdekatnya, demi hadiah yang ditawarkan. Sebelum menjadi penjahat paling terkenal di seantero negeri, Jesse ikut dalam barisan tentara Selatan yang mendukung perbudakan, melawan Presiden Lincoln.

Ketika pihaknya kalah, ia bertukar pekerjaan, dan lahirlah gerombolan Jesse James.

Gerombolan itu memulai mengukir reputasinya lewat perampokan kereta api, yang menurut sebagian orang merupakan yang pertama terjadi dalam sejarah Amerika Serikat.

Dengan mengenakan topeng Ku Klux Klan, mereka merampas harta milik setiap penumpang. Selanjutnya mereka merampok bank dan kereta pos.

Menurut legendanya Jesse adalah Robin Hood dari Wild West, yang merampok si kaya untuk dibagikan kepada si miskin. Bedanya, tidak pernah ditemukan satupun orang miskin yang pernah menerima satu koin pun darinya.

Tetapi kemurahan hatinya kepada Hollywood tak perlu diragukan. Industri film mesti berterimakasih kepadanya untuk empat puluh film tentangnya, hampir semuanya sukses, di mana bintang film dari mulai Tyrone Power sampai Brad Pitt menggenggam pistol berasapnya.

Children of the Days
Eduardo Galeano

TINGGALKAN PESAN

ketik komentar anda
Masukkan nama anda di sini