Tren e-commerce 2021

0
11
Photo by Paul Hanaoka on Unsplash

B2B e-commerce harus merubah strategi pasca pemulihan perekonomian Indonesia

Rencana pemilihan perekonomian Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah, diproyeksikan mencapai 5% pada 2021 menurut kementerian PPN/Bappenas, dengan rencana tersebut diharapkan dapat memperkuat kondisi perekonomian Indonesia. Meskipun saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi bayangan bagi para pelaku bisnis, hal tersebut tampaknya  tidak lagi menjadi rintangan bagi pelaku industri e-commerce Indonesia.

Sebut saja di tahun 2021 ini saya melihat bahwa persaingan e-commerce khususnya di pasar B2B tidak akan seketat tahun sebelumnya, karena kini belanja online sudah menjadi kebiasaan baik itu untuk kebutuhan personal maupun perusahaan ya, saya rasa seluruh e-commerce mutlak mengalami kenaikan di tahun lalu.

Bagi kami di sepanjang 2020 lalu berusaha untuk memberikan services lebih terutama untuk pasar B2B ya, dan bersama Kementerian Koperasi dan UKM melalui Karya Nusantara kami berusaha untuk tetap menjaga UKM agar tetap berkarya di masa pandemi dengan pemenuhan kebutuhan masker dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan, ucap Herry Wijaya selaku CEO Daruma saat kami temui di kantornya.

Jadi menurut saya tahun 2021, daripada harus berlomba dan berkompetisi untuk menyerap pasar sebanyak-banyaknya, akan lebih baik sebagai platform B2B E-Commerce berusaha untuk memberikan services lebih kepada penggunanya, seperti memperlengkapi produk pada setiap kategori, melengkapi atribut pada produk seperti spesifikasi, data sheet, dan yang terpenting membuka aksesibilitas pada platform. Itu yang kami lakukan tahun ini, kebanyakan dari B2B E-Commerce bersifat tertutup dengan segudang syarat diberlakukan hanya untuk mengakses produk dan melihat harga.

Di Daruma, kami memberlakukan transparansi untuk seluruh ribuan brand kami, sehingga siapapun dapat melihat produk apa yang ada di web kami, untuk proses pembelian pun kami menerapkan flow yang simple. Hal tersebut harus dilakukan karena menurut saya sebagai e-commerce patokan tidak serta merta dari harga melainkan dari seberapa besar manfaat yang dapat diberikan kepada masyarakat luas. Jelas herry wijaya kepada kami

E-commerce saat ini menjadi salah satu pilihan proses pengadaan elektronik yang diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada sektor perekonomian Indonesia, dan dapat dinikmati dari sabang hingga merauke, dengan jangkauan pengiriman yang luas tentu hal ini akan banyak membantu pertumbuhan para pelaku bisnis yang baru merintis.

Daruma.co.id  hadir dengan platform 360 derajat yang menghubungkan penyedia barang dan pembeli, memberikan informasi produk yang akurat, menyediakan barang ready stock, pengiriman tepat waktu serta metode pemilihan barang yang variatif.

Oleh Della Anizar – Sr. Associate Public Relations DARUMA

TINGGALKAN PESAN

ketik komentar anda
Masukkan nama anda di sini