Jumat, Mei 7, 2021

Strategi Membangkitkan Kembali Sektor Industri di Indonesia

Must read

Platform analis data dan kajian strategis, Datacore menggandeng Kementerian Perindustrian menghelat webinar dengan tema “Strategi Membangkitkan Kembali Sektor Industri di Indonesia,” Kamis (29/4/2021). Diikuti ratusan peserta yang antusias webinar mendapat dukungan Kadin dan kalangan pebisnis.

“Webinar ini dilandasi pertimbangan bahwa sektor industri memiliki peran penting sektor industri dalam menggerakan perekonomian. Kami juga mendorong digalakkan pemakaian produk-produk industri nasional guna mengurangi impor,” ujar Benny Handoni, Direktur Utama Datacore saat membuka webinar.

Irjen Kementerian Perindustrian Masrokhan mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Keynote Speech dalam webinar Datacore tersebut. Tampil sebagai Nara sumber Dr. Fajar Hary Sampurna (Dirut PT Barata Indonesia), Defiyan Cori (Ekonom Konstitusi), Silmi Karim (Dirut PT Krakatau Steel), Agung Sedayu (Direktur Pengembangan PT INKA), Ade Yuyu Wahyuna (PT DI).

Selain itu I Made Dana Tangkas (Chairman Komtap Industri Logam/Mineral, Permesinan dan Alat Transportasi Darat Laut Udara-Kadin) yang sedang di Amerika Serikat juga tampil sebagai nara sumber. Direktur Riset Datacore sebagai moderator dalam acara yang diikuti ratusan peserta. Para peserta mengikuti acara dengan antusias sejak awal hingga berakhir.

Masrokhan mengungkapkan saat ini utilisasi industri pengolahan non migas mencapai 63,1 persen. Menurutnya ini menunjukkan sektor industri mulai menggeliat menggerakan roda perekonomian nasional. Sedang Fajar Hari Sampurna menekankan pentingnya dilakukan gerakan bangga memakai produk Indonesia. Bukan sekedar bangga produk Indonesia.

Senada dengan Fajar, Silmi Karim, Agung Sedaya dan Ade Yuyu Wahyuna pentingnya bangga memakai produk Indonesia. Selain itu juga mengungkapkan bahwa pelaku industri di tanah air berani bersaing di kancah global. Untuk itu minta agar penentu kebijakan menciptakan iklim persaingan yang sehat.

Sedang Defiyan Cori mengingatkan bahwa sistem ekonomi di Indonesia telah menyimpang dari amanat konstitusi yang diletakkan landasannya oleh founding fathers. Adapun Made Dana Rangkas menekankan bahwa untuk membangun sektor industri dibutuhkan kerjasama yang harmonis oleh seluruh pemangku kepentingan.

Usai paparan, mengingat antusias peserta, para nara sumber merespon sejumlah pertanyaan. Dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, peserta masih mengikuti hingga berakhir sekitar pukul 14.00 WIB. Webinar ini mendapat dukungan BCA, PLN, Pertamina, INKA dan PT Kratatau Steel.

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article