Jumat, Juni 18, 2021

Q1 2021 Jakarta MarketBeat Reports (3)

Must read

Laporan MarketBeat Cushman & Wakefield menyajikan analisa aktivitas ekonomi dan real estat komersial setiap kuartal yang mencakup tren pasokan, permintaan, dan harga di tingkat pasar dan sub-pasar. 

Industrial K1 2021 

PASOKAN: Tidak ada ekspansi maupun pembukaan lahan baru 

Sejak awal tahun, tidak terlihat adanya ekspansi maupun pembukaan lahan industrial baru di Jakarta dan sekitarnya. Keberadaan tanah industrial di lokasi strategis yang banyak dicari di Bekasi menjadi lebih terbatas. 

Para pengembang mengambil posisi mengamati pasar dan kebijakan pemerintah mengenai perkembangan industri, termasuk dampak pandemi COVID-19 terhadap pasar. Lahan industrial diperkirakan akan berkembang mengikuti progres pengembangan infrastruktur.

Persediaan lahan industrial di Jakarta dan sekitarnya masih tetap di angka 15,495 meter persegi, di mana pengembang masih berfokus untuk menjual sisa pasokan yang masih ada. 

Total jumlah pasokan pergudangan sewa di Jakarta dan sekitarnya masih berada di 1,8 juta meter persegi tanpa adanya pasokan tambahan. Hingga akhir 2021, sejumlah 144,000 meter persegi pasokan pergudangan baru diperkirakan akan masuk ke pasar. 

PERMINTAAN: Jumlah transaksi yang terbatas sejak tahun baru 

Jumlah transaksi penjualan masih terbatas dan permintaan mungkin tidak akan pulih secepat perkiraan awal. Pemulihan kondisi pasar bergerak lamban, dengan hanya 23.6 hektar lahan yang ditransaksikan di Jakarta dan sekitarnya, menurun 56.6% dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya (YoY).

Bekasi dan Karawang menyerap sekitar 80% permintaan selama kuartal 1 2021, dan sisanya terjadi di Tangerang dan Serang. Sebanyak 36% dari permintaan bersih datang dari kebutuhan data center, diikuti sektor lain seperti bahan kimia dan otomotif.

Meskipun tingkat serapan masih cukup rendah pada kuartal 1 2021, para pengembang tetap optimis dan memperkirakan pemulihan kondisi pasar secara bertahap pada kuartal-kuartal selanjutnya, terutama dengan lancarnya proses vaksinasi yang diharapkan dapat memperbaiki keadaan ekonomi secara umum. 

Hal yang sama terjadi di sektor pergudangan di Jakarta dan sekitarnya yang menunjukkan penurunan tingkat hunian ke 82.4% dari 86.4% di kuartal sebelumnya, dikarenakan beberapa perusahaan yang masih mengambil posisi yang konservatif dalam keputusan untuk menyewa 

gudang. Walaupun demikian, permintaan area gudang dari perusahaan yang berhubungan dengan sektor logistik termasuk e-commerce masih tetap berjalan, dengan sektor-sektor industri lain seperti otomotif dan barang konsumsi juga mendukung tingkat hunian pergudangan sewa pada kuartal ini. 

HARGA: Harga lahan masih tidak berubah 

Harga tanah industrial relatif tidak mengalami perubahan pada kuartal ini. Pengembang mempertahankan harga tanah sebagai bentuk respon dari permintaan yang masih sepi, yang diperkirakan masih akan terjadi pada kuartal-kuartal selanjutnya.

Rata-rata harga tanah industrial berada di Rp2.543.000 per meter persegi, dan rata-rata harga sewa area pergudangan yang ditawarkan di Jakarta dan sekitarnya berada di Rp72.000 per meter persegi per bulan. 

Mengenai Cushman & Wakefield 

Cushman & Wakefield (NYSE: CWK) adalah perusahaan jasa real estat global terkemuka yang telah memberikan nilai tambah kepada berbagai pemilik dan penghuni real estat. Cushman & Wakefield merupakan salah satu perusahaan jasa real estat terbesar dengan sekitar 50.000 pegawai yang tersebar di 400 kantor pada 60 negara. 

Pada 2020, perusahaan ini tercatat memiliki penghasilan sebesar 7,8 miliar USD dari jasa utamanya di bidang properti, pengelolaan fasilitas dan proyek, penyewaan, pasar modal, penilaian, dan jasa lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, kunjungi cushmanwakefield.com atau ikuti @CushWake di Twitter. 

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article