- Generasi Z adalah generasi yang sangat lekat dengan gaya hidup digital serta memiliki kebutuhan untuk memperluas kegiatan digital mereka
- Penggunaan LINE Split Bill meningkat 100% tahun 2021
- Percakapan LINE OpenChat di kategori fanclub meningkat 55% pada 2021
Generasi Z yang memiliki rentang usia 15 – 21 tahun sangat kental dengan gaya hidup digital, generasi ini merupakan kelompok usia yang dibesarkan dengan kemajuan teknologi. Kondisi pandemik semakin mempertegas kelekatan generasi Z dengan dunia digital.
Kondisi tersebut juga terlihat terhadap penggunaan beberapa fitur di aplikasi LINE. LINE sebagai aplikasi komunikasi anak muda yang memiliki segmen pengguna yang didominasi oleh generasi Z mengalami peningkatan dalam beberapa fiturnya.
LINE tidak hanya dikenal sebagai media pertukaran pesan dengan karakter stiker yang menarik, namun juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan hidup sehari-hari.
LINE OpenChat sebagai layanan percakapan dalam grup dengan minat yang sama mengalami peningkatan pengguna aktif sebesar 55% untuk percakapan dalam kategori fans, dimana para anggota grup memiliki idola yang sama. Percakapan dalam bidang edukasi dan belajar bersama juga mengalami peningkatan sebesar 22%, di mana grup-grup ini mengakomodasi para anggotanya belajar bersama dalam menghadapi ujian sekolah.
Pengguna LINE yang menggunakan OpenChat untuk bersosialisasi dalam kehidupan sehari hari meningkat sebesar 35% di tahun 2021. Grup yang terbentuk di OpenChat sejak layanan ini dibentuk sudah mencapai 1 juta grup.
Grup-grup yang ada di OpenChat menjadi pilihan bagi para anak muda untuk mencari teman online dengan minat yang sama secara lebih aman selama masa pandemi karena mereka tidak perlu menggunakan nama asli mereka.
Selain OpenChat, fitur lain yang menjadi favorit adalah LINE SplitBill, layanan ini memudahkan kehidupan sosialisasi para pengguna LINE dalam menghitung bill atau tagihan mereka. SplitBill memiliki teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang sangat memudahkan pengguna untuk membagi tagihan mereka secara adil termasuk biaya pajak dan service fee pada bon tagihan.
SplitBill biasanya digunakan untuk membagi tagihan makanan, namun dapat digunakan untuk tagihan apapun selama pengguna masih menyimpan bon tagihan. Penggunaan SplitBill pada 2021 meningkat 100% secara organik, dan meningkat hingga 500% semenjak layanan ini diluncurkan tahun 2019.
“LINE SplitBill hadir dengan teknologi OCR yang presisi dan sangat mudah digunakan. Dengan melihat perkembangan semenjak fitur ini diluncurkan, kami berharap fitur ini dapat menjadi favorit pengguna untuk membagi tagihan mereka dalam kegiatan sehari hari,” ungkap Fanny Verona, Country Manager LINE Indonesia.
“Hal yang sama juga terjadi dengan fitur OpenChat, kami berharap kebutuhan bersosialisasi anak muda dalam masa pandemik ini dapat terus berjalan lancar, dan kami akan terus berusaha untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat menjadikan LINE sebagai aplikasi yang aman dan nyaman untuk gen Z di Indonesia.”
Layanan lain yang menjadi favorit di aplikasi LINE adalah avatar. Penggunaan avatar LINE yang sangat mudah disertai banyaknya pilihan aksesoris yang disediakan, termasuk avatar yang khusus disediakan di Ramadan, menjadikan fitur avatar ini menjadi salah satu favorit anak muda.
Penggunaan avatar pada 2021 meningkat 140%. Generasi muda adalah generasi kreatif yang beraktivitas sangat cepat dan selalu membutuhkan perubahan, LINE Avatar menjadi salah satu pilihan favorit mereka untuk tetap berkreasi melalui banyaknya pilihan warna, model, pilihan gerak yang disediakan di LINE.
Melalui komitmennya sebagai ruang untuk berekspresi secara bebas tetapi bijaksana, LINE menawarkan lingkungan digital bagi pengguna, terutama gen Z, agar bisa menjadi diri mereka, tetap terhubung dengan teman dan rekan mereka secara leluasa melalui berbagai layanan yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari.