Starbucks Foundation Luncurkan Global Community Impact Grants Initiative, Investasikan USD30 Juta pada 2030
Tanggal 9 Maret 2022, Starbucks Foundation mengumumkan investasinya sebesar USD30 juta pada 2030 dalam portofolio Global Community Impact Grants yang dirancang untuk mendorong dampak yang relevan secara lokal di komunitas tempat Starbucks beroperasi di seluruh dunia.
Untuk meningkatkan inisiatif tersebut, Starbucks Foundation mengundang perusahaan mitra (pemegang lisensi) yang mengoperasikan merek Starbucks di tiga wilayah internasionalnya, yaitu Asia Pasifik; Eropa, Timur Tengah dan Afrika; serta Amerika Latin dan Karibia – untuk merekomendasikan organisasi nirlaba lokal yang mendapatkan dana hibah.
Dana hibah ini dimaksudkan untuk membiayai program yang memberikan dampak signifikan secara lokal atau regional, dan memperluas visi positif karyawan untuk meningkatkan kesejahteraan semua orang yang terhubung dengan Starbucks.
Untuk penyerahan dana hibah perdana, yang akan diberikan pada bulan April mendatang sebagai bagian dari Global Month of Good tahunan ke-12 Starbucks, perusahaan pemegang lisensi internasional menominasikan lebih dari 80 organisasi nirlaba lokal dari lebih dari 40 negara.
Dana hibah akan diberikan untuk tujuan yang selaras dengan tujuan dampak komunitas Starbucks Foundation, termasuk pemberdayaan kaum muda, inklusi dan keragaman, layanan sosial, bantuan kelaparan, peluang ekonomi, dan komunitas penghasil kopi, teh, dan kakao.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, para pemegang lisensi didorong untuk berinvestasi bersama dengan Starbucks Foundation dan memanfaatkan sumber daya lainnya, termasuk memberikan sumbangan dalam bentuk barang serta mendorong Starbucks partner (karyawan) untuk menjadi sukarelawan memberikan dampak yang lebih besar:
- Amerika Latin & Karibia: Alsea Foundation akan menyediakan dana tambahan untuk hibah guna mendukung peluang kaum muda dan memerangi kelaparan, membangun kemitraan selama tujuh tahun dengan Starbucks Foundation, menjangkau kaum muda yang rentan di seluruh Argentina, Chili, Kolombia, Meksiko, dan Uruguay pada tahun ini.
- Eropa, Timur Tengah & Afrika: AmRest menyediakan dana tambahan melalui program Doing Good, meningkatkan kemitraan lokal yang telah didukung oleh mitra gerai kami di komunitas mereka di delapan wilayah.
- Asia Pasifik: PT Sari Coffee Indonesia akan menggerakkan lebih dari 500 partner Starbucks di seluruh Indonesia untuk menjadi sukarelawan sebagai mentor dan pelatih bagi lebih dari 1.000 pemuda melalui kurikulum kewirausahaan berbasis pengalaman (experiential entrepreneurship curriculum).
“Di setiap wilayah yang kami layani, mitra Starbucks memberikan dampak positif di komunitas lokal mereka. Kami sangat bersemangat untuk mendukung mereka dan organisasi yang mereka yakini untuk memperkuat komunitas tersebut, mempercepat hubungan, dan mengembangkan kegiatan hebat yang telah dilakukan,” jelas Michael Conway, group president, International and Channel Development di Starbucks dan anggota dewan Starbucks Foundation.