Penelitian pun menunjukkan bahwa metode bermain gim ini berhasil meningkatkan imunitas terhadap hoaks. Misalnya, lima menit bermain gim “Go Viral!” dapat mengurangi kerentanan terhadap informasi yang salah hingga tiga bulan. Sedangkan mereka yang memainkan Bad News, jadi lebih mampu untuk menemukan apa saja teknik manipulasi yang beredar di postingan media sosial. Alhasil, kedua permainan itu juga mengurangi keinginan pemain untuk berbagi konten manipulatif kepada orang-orang di sekitarnya.
Sedangkan di Indonesia, sebuah platform bernama Literata.id dikembangkan oleh University of Notre Dame, IREX, GeoPoll dan Moonshot CVE, bekerja sama dengan Mafindo/CekFakta. Platform ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi mengenai literasi media. Di antara kursus virtual yang ditawarkan, ada opsi permainan “Gali Fakta” yang memposisikan kita untuk menyelamatkan menyelamatkan keluarga dari bahaya hoaks dan misinformasi.
Nah, sudah siapkah Anda memperkuat kekebalan diri dari hoaks yang bertebaran lewat jemari yang berselancar di dunia maya (Oleh Artika Rachmi Farmita, Tempo Media Lab)