Dan klappertaart yang merupakan makanan penutup asli Sulawesi Utara, berasal dari klapper berarti kelapa dan taart yang artinya kue, jadi arti sebenarnya adalah kue kelapa. Kue kelapa ini hasil paduan kelapa muda dengan bahan-bahan yang ada di Sulawesi Utara pada saat itu dan memberikan inspirasi pada juru masak Belanda untuk menciptakan kue kelapa ini yang kebetulan tinggal di daerah perkebunan kelapa.
Kemudian untuk menu brand Truntum seperti Soto Daging Truntum, makanan ini tercipta dari perpaduan sop Pangkep dan soto Bandung, dimana kedua sop daging ini memiliki rasa sangat nikmat ketika kedua teknik pembuatan soto ini dipadukan, di tambah rasa yang kaya rempah menjadikan sensasi rasa luar biasa dan merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Lalu, menu Lapis Legit Mille Crepes perpaduan dari lapis legit dengan pembuatan kue Belanda yang disesuaikan dengan situasi yang ada pada saat menciptakan.
Pada saat itu, Batavia menjadi salah satu pusat penjualan rempah-rempah, yang menjadi inspirasi dalam pembuatan resep lapis legit klasik, untuk penciptaan mille crepes ini lebih untuk mengenalkan lapis legit ke khalayak yang lebih muda dan pembuatannya pun lebih simpel.
Terakhir adalah menu brand Khas dengan meluncurkan Nasi Goreng Merah Ayam Asap, merupakan nasi goreng asal Makassar yang menggunakan saus tomat asli Makassar. Nasi goreng ini juga banyak menggunakan tomat dari India, yang mana pada abad ke-17 banyak terjadi interaksi dengan pedagang India di Makassar, untuk nasi goreng merah yang dibuat khusus untuk HIG ini dipadupadankan dengan ayam asap guna memberikan sensasi rasa berlapis, ada kegurihan dari bumbu yang digunakan, ada asam dari saus tomat dan rasa asap dari ayamnya, yang akan menjadi menu andalan di seluruh hotel Khas.
Kemudian, Klepon Brullee merupakan jawaban untuk menciptakan pudding dengan rasa asli Indonesia yang mudah dinikmati oleh ekspatriat, jadi terciptalah klepon brullee ini yang mengadaptasi rasa klepon klasik.
Tentang Hotel Indonesia Group
Hotel Indonesia Group (HIG) adalah pionir jaringan hotel dengan standar internasional di Indonesia. HIG mengelola beberapa hotel berbintang yang tersebar di seluruh Indonesia dan terus berkomitmen untuk mempertahankan visi tim yang panjang dengan terus memberikan pelayanan hotel dan pariwisata terbaik. Mengusung keragaman, keunikan dalam satu kesempurnaan keramahan Indonesia.
HIG merupakan anak perusahaan BUMN yang berkembang menjadi hotel operator untuk jaringan hotel milik BUMN di Indonesia dan memiliki tiga brand mulai dari hotel bintang tiga sampai bintang lima.
Meru adalah brand hotel bintang lima, merupakan brand tertinggi yang dioperasikan HIG, mempunyai makna dalam bahasa sanskrit kuno, berarti puncak atau gunung yang mengusung keindahan alam serta budaya asli Indonesia, sehingga mencerminkan daya tarik dan citra kekayaan Indonesia sebagai negeri yang diisi dengan banyaknya gunung merapi serta pegunungan di setiap kepulauannya.