Pada segmen business banking, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna Velocity, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis sebesar 18%. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku usaha yang melakukan aktivitas perbankan melalui channel digital terintegrasi yang dimiliki oleh Bank OCBC NISP sehingga mereka dapat terus berkembang menjadi lebih kuat dan beroperasi dengan efisien.
Mendukung Pelaku Usaha #Naik Kelas
Komitmen Bank dalam mendukung para pelaku usaha di Indonesia diwujudkan dalam kerja sama Bank dengan berbagai macam organisasi lintas industri, termasuk dengan GE Healthcare Indonesia dalam mendukung layanan kesehatan masyarakat yang terjangkau dan kerja sama dengan eFishery untuk membangun Ekosistem Akuakultur dalam negeri yang dituangkan dalam pemberian dukungan pembiayaan kepada para pembudidaya eFishery melalui program KTA Cashbiz OCBC NISP yang disalurkan oleh layanan Kabayan efishery.
Lebih dari itu, Bank juga berkolaborasi dengan komunitas para pengusaha di Indonesia termasuk Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Pusat dalam program #JakPusONPreneurship, sebuah ekosistem kolaboratif untuk mendukung pelaku UMKM tumbuh berkelanjutan.
Baru-baru ini, Bank OCBC NISP juga menggandeng UPRINTIS Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM Perempuan Indonesia melalui program Kelas Akselerasi Perempuan Berdaya Bersama Bank OCBC NISP. Kolaborasi tersebut merupakan bagian dari program #TAYTB Women Warriors.
Per 31 Desember 2022, Bank telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp33,8 triliun di mana di antaranya disalurkan kepada program #TAYTB Women Warriors, sebesar Rp3,0 triliun atau meningkat 26% YoY. Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.254 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 17% YoY.
“Tantangan pasti akan selalu ada, namun kami optimis ekonomi Indonesia akan terus bertumbuh ke arah yang semakin baik lagi. Dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, Bank OCBC NISP akan terus berinovasi, memberikan dukungan melalui berbagai layanan finansial yang komprehensif serta berkolaborasi dengan lebih banyak organisasi lintas industri demi membangun ekonomi yang inklusif,” tutup Parwati.
Komitmen yang dituangkan ke dalam berbagai produk dan layanan keuangan yang komprehensif mengantarkan Bank OCBC NISP untuk menerima berbagai penghargaan internasional, termasuk di antaranya ‘Best Service (Domestic Banks) for Cash Management in Indonesia – 2022 Asiamoney Cash Management Survey’ dari Asiamoney.
Sekilas Tentang Bank OCBC NISP
Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per 31 Desember 2022, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM Bank OCBC NISP, lebih dari 98.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia.
Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PEFINDO dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.