Penambahan infrastruktur dan titik kontak penumpang
Singapore Changi Airport membuka kembali Terminal 2 dan 4 pada tahun 2022 karena tingginya aktivitas perjalanan. Terminal 4 (T4) kembali beroperasi pada September lalu, setelah dua tahun absen karena pandemi.
Selain itu, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan penumpang, Singapore Changi Airport memulai pekerjaan perluasan dan renovasi di Terminal 2 (T2) pada tahun 2020. Pembukaan kembali T2 akan dilakukan secara bertahap dimulai pada Mei 2022.
Setelah selesai pada tahun 2024, perluasan T2 akan mampu meningkatkan total kapasitas Singapore Changi Airport sebesar 5 mppa (million passengers per annum) menjadi 90 mppa.
Proyek ekspansi T2 ini menambah ruang seluas 15.500 meter persegi yang dapat digunakan untuk aula keberangkatan dan kedatangan yang lebih besar dengan tambahan ruang operasional termasuk check-in dan izin imigrasi. Infrastruktur pengoperasian utama termasuk sistem penanganan bagasi pun telah ditingkatkan untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitas.
Changi Airport juga meluncurkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan pengalaman penumpang. Di antaranya peningkatan Pelacak Bagasi yang dipersonalisasi di aplikasi iChangi sejak tahun 2022 lalu, agar penumpang dapat melacak status bagasi mereka.
Selain itu, Jewel’s Check-In Lounge telah dibuka kembali dan semakin banyak maskapai yang menawarkan layanan ini kepada penumpang.
Pengalaman rekreasi, bersantap, dan ritel baru
Pada saat yang sama, Singapore Changi Airport telah menambah rangkaian penawarannya yang terus berkembang untuk memenuhi minat dan selera penumpang yang beragam. Selain atraksi bertema alam, pengalaman ramah keluarga di Changi kini juga mencakup Chandelier, sebuah atraksi panjat tebing dan struktur permainan setinggi 16 meter.
Singapore Changi Airport dan Jewel memiliki lebih dari 550 toko ritel dan restoran, menghadirkan pengalaman perjalanan dan transit yang menarik dan beragam bagi para wisatawan. Sembilan dari sepuluh toko dibuka kembali, dengan berbagai merek baru dibuka di Changi.
Kopi Bacha terbesar di dunia telah mendarat di Terminal 3 Singapore Changi Airport, serta toko ritel waralaba asal Jepang, Don Don Donki membuka toko bertema penerbangan pertamanya di Jewel. Singapore Changi Airport juga meningkatkan acara pop-up untuk menawarkan promosi eksklusif kepada wisatawan dan peluncuran produk pertama di dunia.
Acara khusus juga membawakan kejutan bagi para penumpang. Kampanye populer “Be A Changi Millionaire” di Singapore Changi Airport kembali hadir untuk kali ke-11 tahun ini. Acara yang telah berjalan sejak 2010 ini memberikan kesempatan kepada para penumpang untuk memenangkan hadiah utama sebesar S$1 juta dengan melakukan satu kali transaksi di bandara. Pemenang edisi tahun 2013, 2016 dan 2017 berasal dari Indonesia.
Menyesuaikan Konten untuk Penumpang Indonesia
Singapore Changi Airport selalu membuat konten agar tetap relevan dengan penumpang Indonesia dalam Bahasa Indonesia. Changi telah mengembangkan situs web komprehensif dengan persyaratan perjalanan dan informasi bandara, blog perjalanan penuh perhatian yang disebut Travel Journal untuk menginspirasi pembaca untuk berkeliling dunia, menjelajahi Singapura dan menemukan Changi, serta akun Instagram Indonesia untuk terhubung dengan penggemar kami.
Tentang Changi Airport Group
Changi Airport Group (Singapore) Pte Ltd (CAG) (changiairportgroup.com) dibentuk pada 16 Juni 2009 dan korporatisasi Singapore Changi Airport (IATA: SIN, ICAO: WSSS) menyusul pada 1 Juli 2009.
Sebagai perusahaan pengelola Bandara, CAG menjalankan fungsi utama yang berfokus pada operasi dan manajemen bandara, pengembangan hub udara, kegiatan komersial, dan layanan darurat bandara. CAG juga mengelola Bandara Seletar (IATA: XSP, ICAO: WSSL) dan melalui anak perusahaannya Changi Airports International, berinvestasi, dan mengelola bandara asing.
Sebagai salah satu pusat penerbangan internasional paling terhubung di Asia, Singapore Changi Airport menghubungkan Singapura dengan sekitar 140 kota secara global, dengan lebih dari 90 maskapai yang mengoperasikan lebih dari 5.500 penerbangan mingguan.
Bandara Jewel Changi, tujuan gaya hidup multidimensi, dibuka pada April 2019, menambah penawaran belanja dan bersantap di Singapore Changi Airport dengan lebih dari 550 F&B dan gerai ritel di seluruh bandara.
Sebagai bandara dengan penghargaan terbanyak di dunia, Changi telah memenangkan lebih dari 650 penghargaan untuk layanan staf bandara yang konsisten dan luar biasa, pengalaman penumpang, dan standar keselamatan.