Rabu, Oktober 23, 2024

Internasional airport: antara madu atau racun?

Must read

Thailand, sebagai perbandingan, industri pariwisatanya cukup maju, namun apakah mereka membuka bandara-bandara international dengan penerbangan langsung dari Jakarta ke kota-kota selain Bangkok, Pattaya, Phuket, Chiang Mai dan Don Muang?

Mengapa hal ini terjadi? Bagaimana dengan kondisi bandara di China atau Amerika Serikat?

Internasional Airport vs Domestic Airport berkelas internasional

Bila melulu kita melihat judul bandara internasional di negara-negara yang setipe dengan Indonesia seperti India, China dan Amerika Serikat, jelaslah perlu dibangun bandara internasional yang banyak di daerah-daerah dengan alasan meningkatkan industri pariwisata.

Namun bila kita lihat, apakah kita bisa dari Jakarta atau Singapura langsung ke kota-kota di China selain Beijing, Shenzen, Guang Zhao, Chengdu, Xian, Kunming, Hangzao, dan Wuhan? Kenapa China tidak membuka direct flight ke kota-kota yang mempunyai bandara internasional?

Bisakah kita langsung dari Jakarta/Singapura ke Wisconsin untuk melihat danau-danau indah atau langsung ke Millwake untuk mengunjungi museum Harley Davidson di Amerika Serikat?

Jadi apa fungsi bandara-bandara internasional di kota-kota teraebut kalau tidak ada direct flight International? Pertanyaan menarik untuk dikaji.

Bandara-bandara internasional di kota-kota selain yang disebut tadi memang berstatus internasional, di mana mempunyai perangkat Bea Cukai dan Imigrasi untuk turis asing, namun tidak untuk commercial regular flight, bisa membawa turis-turis asing dari luar China/Amerika Serikat dengan menggunakan pesawat komersial, sepeti Singapore Airline, Delta, atau pun Emirates.

Mereka hanya menerima cargo international, penerbangan charter international dan VIP atau private jet, di mana pengawasannya akan jauh lebih mudah. Sedangkan sisanya mereka gunakan untuk jalur-jalur domestik.

Di sinilah kelatahan kita melihat bandara internasional itu sama dengan artinya menerima semua turis asing melalui jalur komersial atau reguler flight.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article