Rabu, Oktober 23, 2024

Maraknya Tren Konsumsi Bertanggung Jawab: Ungkap Aksi Belanja Etis untuk Produk Berkelanjutan

Must read

“Konsumen juga dapat berkontribusi dan memberikan dampak dengan mengapresiasi produsen kecil dan memberi tip kepada mereka melalui fitur Tip the Producers. Dengan menekankan manfaat ini, kami ingin mempromosikan produksi dan perdagangan berkelanjutan, serta menarik lebih banyak perusahaan dan konsumen ke platform kami,” ungkap Manfred.   

Manfred menambahkan bahwa menerapkan rantai pasokan transparan dengan platform ketertelusuran sangatlah penting bagi perusahaan untuk membuktikan komitmen mereka terhadap keberlanjutan dan pengadaan sumber daya yang bertanggungjawab.

Selain itu, perusahaan atau merek juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memperoleh sertifikasi untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap praktik berkelanjutan, mendapatkan produk secara lokal untuk mengurangi jejak karbon mereka, dan mendukung produsen lokal. Konsumsi sadar melibatkan pengambilan keputusan pembelian dengan kesadaran yang lebih tinggi akan dampak lingkungan dan sosialnya.   

“Eco-Conscious Week adalah ‘Inisiatif Berbasis Komunitas Lokal’ yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya berbelanja secara berkelanjutan dan mengonsumsi produk secara bertanggung jawab. Dengan mengangkat kebiasaan konsumsi bertanggung jawab (conscious consumption), gerakan ini memberdayakan individu untuk memilih produk yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat.”

“Hal ini juga menyoroti kebutuhan perusahaan untuk mengadopsi praktik yang bertanggung jawab, membuktikan ketertelusuran dan menghindari praktik greenwashing. Eco-Conscious Week bertujuan untuk menginspirasi baik konsumen maupun perusahaan untuk berkontribusi pada dunia yang lebih berkelanjutan melalui pilihan yang terinformasi dan praktik etis,” tambah Manfred.  

Temui langsung petani dibalik produk berkelanjutan yang kamu pilih di KoltiTrace SHOP, pindai QR Code dan lihat darimana produk berasal. Bantu kesejahteraan petani dengan konsumsi produk-produk etis dan bertanggungjawab (ethical & responsible)

Menekankan pentingnya rantai pasokan yang dapat ditelusuri untuk memastikan keberlanjutan, Jane Dunlop, CEO āluān, juga menekankan pentingnya lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi sistem ketertelusuran di masa depan.

“Bekerja sama dengan KOLTIVA, kami telah berhasil membangun ketertelusuran produk secara lengkap sehingga ketika konsumen membeli produk kami, mereka dapat menelusuri asal produk hingga ke kebun dan produsen asalnya. Ketertelusuran ini memungkinkan pembeli untuk melihat dan mengetahui upaya-upaya yang kami lakukan dalam pemberdayaan produsen dan menjaga lingkungan, di mana hal tersebut merupakan elemen terpenting untuk mencapai keberlanjutan,” kata Jane dalam Eco-Conscious Talk, salah satu program dalam Eco-Conscious Week. 

KoltiTrace SHOP, sebuah e-Commerce yang diluncurkan oleh KOLTIVA, menyelenggarakan Eco-Conscious Week, sebuah inisiatif yang digerakkan oleh komunitas dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen untuk berbelanja secara berkelanjutan dan melakukan konsumsi secara bertanggung jawab.

Program ini menghadirkan para pegiat yang peduli lingkungan dan merek yang berorientasi pada tujuan keberlanjutan, seperti Jika Chocolat, āluān, Rappo Indonesia, dan Slow Fashion Indonesia. Eco-Conscious Week bertujuan untuk menginspirasi individu dan perusahaan untuk mengadopsi praktik etis dan membuat pilihan bijak dengan fokus memberdayakan masyarakat, lingkungan, dan sosial. 

- Advertisement -

More articles

- Advertisement -

Latest article