Kamis, September 19, 2024

Sambut Masa Depan: 5 Kursus GenAI Terpopuler di Indonesia

Must read

Oleh: Raghav Gupta, Managing Director, Asia Pasifik, Coursera

AI Generatif (GenAI) tidak akan mengambil alih pekerjaan. Namun, pekerja yang tidak memanfaatkan AI bisa saja digantikan oleh mereka yang menguasai teknologi ini. Perubahan ini sudah terlihat di pasar kerja Indonesia, di mana keterampilan AI semakin penting. 

Laporan dari AWS dan Access Partnership mengungkapkan bahwa pemberi kerja di Indonesia bersedia membayar 36% lebih tinggi untuk karyawan dengan keahlian AI, namun, 69% dari mereka kesulitan menemukan kandidat  yang tepat. 

Laporan dari Microsoft juga menunjukkan bahwa 76% pemimpin di Indonesia lebih memilih kandidat dengan keterampilan AI, meskipun kurang berpengalaman, daripada profesional berpengalaman yang tidak memiliki keterampilan ini. Selain itu, 76% menyatakan tidak akan mempekerjakan seseorang tanpa kemampuan AI.

Seiring dengan perkembangan revolusi GenAI, standar baru untuk keterampilan dan kompetensi semakin berkembang. Hal ini menjadikan keterampilan AI semakin penting, tidak hanya untuk pekerjaan di bidang teknologi, namun juga di berbagai industri dan fungsi pekerjaan.

Menguasai keterampilan AI dapat secara signifikan meningkatkan karir  dengan mendorong produktivitas, inovasi, dan memberikan keunggulan kompetitif yang menjadi kunci untuk tetap relevan dan sukses di masa depan, di mana integrasi AI akan menjadi semakin umum.

Keterangan gambar: Pendaftaran GenAI di APAC per menit

Di Coursera, Indonesia merupakan negara ketiga dengan tingkat pendaftaran kursus GenAI tertinggi di Asia Tenggara. Pendaftaran meningkat sebesar 1.158% dari tahun ke tahun (YoY), dibandingkan dengan peningkatan YoY global sebesar 1.060%. Berikut adalah lima kursus AI terpopuler yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia:

  1. Generative AI for Everyone by DeepLearning.AI

Kursus tingkat pemula yang tersedia dalam Bahasa Indonesia ini diajarkan oleh pakar AI terkenal, Andrew Ng. Dirancang khusus untuk mengenalkan dasar-dasar GenAI, kursus ini menyederhanakan konsep-konsep yang kompleks agar lebih mudah dipahami. Peserta akan mempelajari cara kerja model generatif, aplikasi dalam pembuatan teks dan gambar, serta batasan-batasannya. 

Tanpa memerlukan pengetahuan teknis sebelumnya, kursus ini ideal bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi potensi teknologi ini di berbagai bidang dan memahami dampaknya pada bisnis dan masyarakat, termasuk risiko dan penggunaan yang bertanggung jawab.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article