Selasa, Oktober 15, 2024

Rasakan Kelokalan Cokelat Artisan Kampung Merasa

Must read

Rasa dark chocolate itu semewah kemasannya. Tampilan luarnya eleganmemamerkan permainan warna dan grafis yang keren. Satu gigitan kecil seketika akan membuat Anda ketagihan. Tak semua orang suka dark chocolate yang cenderung menonjolkan cita rasa pahit.

Tapi, percayalah, Anda akan suka yang satu ini. Cokelat ini asli buatan Indonesia, diracik dari bahan baku biji kakao dari Kampung Merasa, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Hampir semua penduduk Kampung Merasa punya kebun pribadi berisi pohon kakao. Begitu cerita Maya Patriani dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN). Tidak tanggung-tanggung, satu keluarga bisa punya satu hingga dua hektar kakao. Pohon kakao itu tumbuh dengan sistem agroforestry, mengombinasikan beberapa jenis tanaman produktif di satu lahan. 

“DNA kerja YKAN adalah konservasi alam, tapi ekonomi juga merupakan faktor penting. Ketika memiliki pendapatan alternatif, masyarakat akan senang. Karena sejak 1980-an banyak penduduk Kampung Merasa yang mempunyai kebun kakao, kami mencoba memaksimalkan potensi yang ada di sana. Maka, kami pun melakukan pendampingan ekonomi juga seiring dengan harapan masyarakat dapat hidup bahagia di tengah hutan yang lestari.”

Agar Indonesia Maju Bareng, YKAN mendukung pengembangan kakao sebagai sumber pendapatan alternatif penduduk lokal. Pendampingan komoditas kakao merupakan bagian dari upaya menyelamatkan hutan di Kampung Merasa, yang menjadi bagian dari ekosistem Hutan Lindung Sungai Lesan. 

Rasa khas madu dan citrus

Bagian paling berharga dari buah kakao adalah bagian biji, yang kemudian dapat diolah menjadi cokelat. Saat panen, rata-rata petani menjemur biji kakao dan menjualnya dalam bentuk kering. Hanya saja, dengan biji kakao seperti ini, rasa dan aroma yang dihasilkan akan sama saja, terlepas dari di mana pohon kakao itu tumbuh. Lalu, apa yang menjadikan kakao Kampung Merasa berbeda? 

“Setiap daerah sebenarnya bisa mempunyai karakteristik biji kakao yang berbeda, tergantung pada ekosistem tempatnya tumbuh. Tapi, muncul atau tidaknya karakteristik itu dipengaruhi oleh proses fermentasi. Proses tambahan ini akan memunculkan cita rasa, aroma, dan karakteristik yang khas,” cerita Maya. 

Setelah dilakukan uji cita rasa di laboratorium, karakteristik paling kuat yang muncul pada biji kakao Kampung Merasa adalah madu dan citrus. Menariknya, biji kakao dari kampung berbeda tapi di satu kabupaten yang sama bisa menghasilkan aroma dan cita rasa berbeda pula. Misalnya, ada yang menghasilkan aroma dan cita rasa bunga, ada juga yang memunculkan cita rasa aprikot.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article