7. Promosi Produk Halal
- Pameran dan Event: Berpartisipasi dalam pameran dan event untuk mempromosikan produk halal yang bersertifikat, perlunya sertifikasi halal dan proses sertifikasi halal.
- Media Sosial dan Digital Marketing: Menggunakan media sosial untuk meningkatkan visibilitas produk halal di pasar, proses sertifikasi halal
8. Penelitian dan Inovasi
- Studi Pasar: Melakukan penelitian untuk memahami tren dan kebutuhan pasar yang berkaitan dengan produk halal dan sertifikasi halal
- Inovasi Produk: Mendorong pengembangan produk baru yang memenuhi standar halal, termasuk innovasi mengenai pengurusan sertifikasi halal, monitoring serta perpanjangan sertifikasi halal dll.
Dengan langkah-langkah ini, BPJPH dapat berperan lebih aktif dan efektif dalam memastikan produk halal di Indonesia, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang bersertifikat halal.
Indonesia menjadi Halal Hub Dunia
Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki perhatian khusus terhadap jaminan produk halal. Produk halal tidak hanya mencakup makanan dan minuman, tetapi juga kosmetik, obat-obatan, dan produk lainnya.
Jaminan halal menjadi penting tidak hanya bagi konsumen Muslim tetapi juga bagi industri untuk meningkatkan daya saing di pasar global.
Ditambah lagi dengan peran Indonesia di dunia internasional akhir akhir ini yang telah ikut berperan aktif dalam perekonomian dunia, menjaga perdamaian dunia, membuat posisi Indonesia menjadi sangat strategis dan Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat halal (halal hub) di dunia.
Jika dilihat secara total ada hampir sekitar 2 miliar pemeluk agama Islam di dunia. Jumlah penganut Islam saat ini adalah yang terbesar ke 2 di dunia setelah Kristen.
Namun, banyak peneliti memprediksi bahwa Muslim akan melebihi jumlah Kristen pada tahun 2050. Melansir dari data World Population Review, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak kedua di dunia.