Rabu, Oktober 30, 2024

Pelaku Usaha Desa Wisata Pemenang Jagoan Pariwisata 2024

Must read

Program Jagoan Pariwisata 2024 resmi mencapai puncaknya dengan acara mengumumkan pemenang dari empat kategori utama. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Tiket.Com dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, dirancang untuk mendorong pelaku usaha desa wisata dalam mewujudkan prinsip pariwisata berkelanjutan. 

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki pengaruh besar terhadap kinerja pariwisata Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor UMKM berkontribusi sebesar 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), dengan nilai mencapai Rp9.580 triliun. 

Selain itu, perjalanan wisata domestik di Indonesia pada bulan Januari – Agustus 2024 meningkat lebih dari 670 juta perjalanan atau tumbuh hampir 19% dibandingkan tahun lalu, menunjukkan peran penting UMKM dalam mendukung industri pariwisata Indonesia. Melihat potensi besar ini, program Jagoan Pariwisata hadir untuk memberdayakan pelaku usaha desa wisata dalam menghasilkan talenta-talenta berkualitas dan berdaya saing tinggi. 

Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.Com dalam sambutannya menyampaikan “Sebagai bagian dari program keberlanjutan Blibli Tiket Action, Tiket.Com kembali menjalankan program Jagoan Pariwisata yang telah memberdayakan lebih dari 205 usaha wisata di 15 desa wisata sejak 2022, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal dan mendorong pariwisata berkelanjutan.”

“Melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, program ini bertujuan melahirkan talenta unggul yang mendukung pertumbuhan industri pariwisata Indonesia secara berkelanjutan.” 

Ika Kusuma Permana Sari, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata Kemenpar RI, menyampaikan dalam sambutannya, “Kementerian Pariwisata mengapresiasi program Jagoan Pariwisata Tiket.Com sebagai lokakarya interaktif yang mendukung pelaku usaha desa wisata.”

“Inisiatif ini mewujudkan kolaborasi pentahelix untuk menjadikan desa wisata destinasi unggulan dengan produk lokal khas. Fokus pada pengembangan kualitas layanan dan adaptasi ke quality tourism menekankan keberlanjutan dan pengalaman berkualitas, sejalan dengan tren ekowisata dan wisata kesehatan.”

“Melalui strategi 3C—Commitment, Competence, dan Champion—kami berharap peserta dapat membangun bisnis berdaya saing dan berkontribusi positif bagi ekonomi nasional. Terima kasih kepada Tiket.Com atas kolaborasinya; semoga kontribusi ini berlanjut dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa wisata.” 

Di tahun ketiga pelaksanaannya, Jagoan Pariwisata 2024 berhasil menjangkau 47 pelaku usaha di sektor homestay, atraksi, UMKM souvenir, hingga kuliner, yang berasal dari Kampung Wisata Mendut (Jawa Tengah) dan Kampung Wisata Kadipaten (DI Yogyakarta).

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article