PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN: PREMIUMISASI DAN INOVASI
Sesi diskusi juga menggarisbawahi perubahan pola belanja konsumen yang kini lebih memilih kualitas dan kenyamanan. Glenn Karela, CPM (Asia), Founder MEC, menyatakan: “Konsumen Indonesia semakin bersedia membayar lebih untuk produk berkualitas tinggi yang menawarkan kenyamanan dan meningkatkan kepuasan hidup. Namun, mereka juga semakin cerdas dalam mengelola anggaran belanja dengan memanfaatkan diskon dan promosi untuk menjaga keseimbangan.”
Glenn menambahkan bahwa perilaku eksperimen konsumen membuka peluang besar bagi para marketer untuk menciptakan inovasi produk yang mampu menarik perhatian dan memberikan pengalaman baru kepada konsumen.
REKOMENDASI STRATEGIS UNTUK INDUSTRI
Acara ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting bagi pelaku bisnis dalam menyambut 2025:
- Inovasi Produk: Fokus pada produk premium yang berkualitas dan menawarkan kenyamanan.
- Strategi Promosi yang Efektif: Manfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belanja yang personal dan efisien.
- Mengelola Persepsi “Value for Money”: Seimbangkan antara harga dan nilai produk untuk menarik konsumen yang sensitif terhadap harga.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES.