Jumat, April 19, 2024

5 strategi mengatasi perang harga

Must read

Siksa Kubur

Tips sukses bisnis online

Oleh Denny Santoso

Barang murah, siapa yang nggak suka? Tapi tahu nggak sih, harga yang murah itu bisa menjadi sumber masalah baru bagi pedagang. Banyak bisnis yang menggunakan strategi harga murah untuk menang persaingan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Sah-sah aja pebisnis membanting harganya agar diminati banyak konsumen, terutama untuk produk-produk tertentu yang bersifat masal tapi strategi ini akan membuka yang namanya perang harga.

Di mana ada persaingan, ada perang harga.

Perang harga adalah kondisi di mana perusahaan saling bersaing dengan menurunkan harga demi memenangkan kompetisi. Mereka saling berebut pangsa pasar dan menjual lebih banyak dengan memangkas harga dengan tajam.

Ngobrolin perang harga emang gak ada habisnya, tapi bukan berarti perang harga tidak bisa dihindari.

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Untuk menghindari perang harga, simak 5 tips berikut:

  1. Ganti Produk. Kalau Anda head-to-head dengan brand yang sudah besar apakah Anda sanggup mengimbangi atau mengalahkan brand itu?
  2. Ganti Traffic. Produk A laku keras di e-bay? Anda bisa adaptasi produk tersebut dan menjualnya di Facebook
  3. Offer Stack/Bonus. Bonus offline dan online berbeda, jangan disamakan. Berikan bonus yang tidak memakan margin besar.
  4. Geser Value Chain. Evaluasi kembali value chain Anda, jika suatu stage dirasa sudah terlalu penuh saingan apakah Anda bisa bergeser ke ranah lainnya? Jangan hanya berkutat pada mencari dan menjual produk.
  5. Value Ladder. Kalau produk yang Anda tawarkan memiliki marjin yang kecil, tawarkan produk lainnya yang dapat audience beli. Sehingga penjualan Anda tidak terbatas di produk utama, tetapi ada alternatif pilihan produk lainnya.

Well, teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan. Pelajari, jangan hidup di ‘zaman batu’ di tengah modernisasi. Cekidot Dunia-Digitalku

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article