Rabu, Desember 25, 2024

Modernisasi yang pesat mendorong kebangkitan perbankan digital di Indonesia

Must read

Ketika berbicara tentang pandemi dan inklusi keuangan, pepatah “kebutuhan adalah ibu dari penemuan” tetap relevan. Krisis kesehatan yang sedang berlangsung telah menunjukkan bagaimana jutaan orang masih kekurangan akses ke layanan keuangan dasar.

Laporan Google, Temasek, dan Bain e-Conomy 2019 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 92 juta penduduk—setara dengan 33% populasinya—tanpa rekening bank. Wawasan ini menimbulkan kekhawatiran karena tanpa rekening bank orang tidak memiliki akses ke layanan keuangan, sehingga menempatkan mereka lebih berisiko terhadap dampak negatif dari kesehatan atau krisis lainnya.

Tanpa akses ke layanan keuangan, warga yang tidak memiliki rekening bank tidak akan mampu keluar dari kemiskinan dan kekurangan sumber daya untuk membangun mata pencaharian yang lebih baik.

Maju cepat ke 2022, firma pengetahuan berbasis teknologi, Twimbit, dalam laporannya, Neobanks drive financial inclusion in ASEAN, a 2022 outlook, memperkirakan bahwa jumlah warga negara Indonesia yang tidak memiliki rekening bank telah turun menjadi 83 juta. Tren ini kemungkinan merupakan hasil dari digitalisasi yang cepat selama pandemi, memicu optimisme percepatan inklusi keuangan yang akan bermanfaat bagi jutaan orang.

Transformasi digital yang cepat dalam beberapa tahun terakhir juga melihat pertumbuhan neobank sebagai bagian penting dari gambaran tersebut. Dalam laporan tersebut di atas, Twimbit menyatakan bahwa di antara 24 neobank aktif di ASEAN, enam melayani Indonesia, termasuk tiga digital spin-off dan satu neobank berlisensi standalone. Neobank tersebut adalah Jenius by BTPN, TMRW by UOB, Jago, Motionbanking by MNC Bank, LINE Bank by Bank KEB Hana, dan BCA Digital.

Dalam State of Application Strategy Report – Financial Services Edition (SOAS BFSI) 2022, F5 memaparkan temuan yang menunjukkan tren positif tentang bagaimana bank, layanan keuangan, dan asuransi mengambil langkah untuk menangkap peluang yang datang dengan transformasi digital.

Data dan wawasan yang disajikan dalam laporan ini mencerminkan tanggapan lebih dari 200 pengambil keputusan TI yang bekerja untuk organisasi jasa keuangan dari semua ukuran di seluruh dunia, dengan wilayah Amerika Utara dan Asia Pasifik terwakili dengan baik.

Di tengah peluang global untuk merangkul transformasi digital yang mengarah ke perbankan terbuka dan pertumbuhan lebih lanjut dari organisasi BFSI, Indonesia berada di fase intermediasi pada tahun 2020. Berada di fase itu, Indonesia masih melihat inisiatif terbatas oleh para pemimpin pasar dalam perjalanan perbankan terbuka, terlepas dari peraturan pedoman dan inisiatif.

Pemimpin pasar Indonesia di kancah neobank termasuk Bank Central Asia, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia. Mereka telah memulai perjalanan perbankan terbuka, tetapi Indonesia masih membutuhkan kehadiran para pelaku BFSI yang terus berkembang dalam kereta musik perbankan terbuka untuk lebih mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani, serta untuk meningkatkan transformasi digital UMKM.

Apa saja tantangannya?

Laporan yang disebarluaskan oleh Twimbit dan F5, Embracing the Open Banking Opportunity in Asia Pacific April 2022, menunjukkan kesiapan digital yang rendah sebagai hambatan signifikan terhadap modernisasi layanan keuangan.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article