Kamis, April 25, 2024

Air terkutuk

Must read

Kita mengenal Nostradamus dari ramalan-ramalannya, yang masih sangat populer di seluruh dunia. Kita mungkin tidak tahu bahwa ia juga seorang ahli pengobatan, pengobat sangat luar biasa yang tidak percaya lintah. Untuk sampar ia meresepkan udara dan air: udara menyaring, air membersihkan.

Walaupun kotoran menjadi sarang penyakit, air mendapatkan reputasi buruk di Eropa Kristen. Kecuali saat baptis, mandi dihindari karena memberi rasa nyaman artinya mengundang dosa. Pada pengadilan Inkuisisi Suci, seringkali mandi dijadikan bukti bid’ah penganut Muhammad. Ketika Kristiani dipaksakan di Spanyol sebagai satu-satunya kebenaran, tahta memerintahkan tempat-tempat mandi umum peninggalan Islam dibongkar hancur, karena merupakan sumber kerusakan.

Tak satu pun orang suci, lelaki ataupun perempuan, yang pernah menginjak tempat mandi; Raja juga jarang mandi, karena itulah minyak wangi dibutuhkan.

Ratu Isabella dari Castille mempunyai ruh yang bersih bercahaya, tetapi ahli sejarah berdebat apakah ia mandi dua atau tiga kali selama hidupnya. Louis XIV yang berjuluk Raja Matahari yang anggun, lelaki pertama yang mengenakan sepatu hak tinggi, mandi hanya sekali antara 1647 dan 1722. Itu pun karena perintah dokter.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article