Sabtu, April 20, 2024

Asia Pacific TB Forum 2021

Must read

Siksa Kubur

Forum tuberkulosis regional menyoroti inovasi dan kolaborasi yang mendorong kemajuan untuk mengakhiri tuberkulosis di wilayah Asia Pasifik

  • Para advokat dan pakar berkumpul untuk membahas dan menyelaraskan cara terbaik untuk mengatasi krisis tuberkulosis (TB), yang merupakan salah satu penyebab utama kematian akibat penyakit menular di kawasan Asia-Pasifik, dengan wilayah WHO di Asia Tenggara yang menyaksikan jumlah terbesar kasus TB baru secara global.
  • Rendahnya tingkat deteksi kasus TB tetap menjadi salah satu hambatan paling signifikan dalam memerangi TB di wilayah tersebut, tantangan yang semakin diperburuk oleh COVID-19. 
  • Diskusi berkisar pada upaya untuk memanfaatkan pemikiran inovatif, teknologi, dan pendekatan kemitraan untuk menemukan jutaan orang hilang, tidak terdiagnosis yang hidup dengan tuberkulosis – dan mendorong kemajuan menuju tujuan global dalam upaya untuk mengakhiri TB.

Selama dua hari pada 30 November dan 7 Desember 2021, Johnson & Johnson, bersama dengan Program Tuberkulosis Nasional Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, menyelenggarakan Forum Tuberkulosis Asia-Pasifik 2021 (Asia-Pacific Tuberculosis Forum 2021).

Forum tersebut diselenggarakan dengan tujuan mendorong kemajuan regional menuju penghentian tuberkulosis (TB) – yang, meskipun dapat dicegah dan diobati, tetap menjadi salah satu penyebab utama kematian akibat penyakit menular di wilayah Asia-Pasifik.

Dengan tema ‘Bersatu Melawan TB’ (United Against TB), forum virtual dalam dua hari tersebut dihadiri oleh hampir 500 peserta, termasuk para pemimpin, pembuat kebijakan, LSM, dan dokter dari seluruh wilayah Asia-Pasifik. Pembicara dari Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam berbagi praktik terbaik, pembelajaran, tantangan, dan rekomendasi lokal, dengan tujuan bersama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengakhiri TB pada tahun 2030.

Area diskusi utama adalah tentang peningkatan deteksi kasus, yang tetap menjadi salah satu hambatan paling signifikan dalam memerangi TB. Di Asia Pasifik, kejadian TB diperkirakan 6,1 juta pada tahun 2020, tetapi hanya 3,9 juta kasus yang dilaporkan. Khususnya, wilayah WHO Asia Tenggara membawa beban TB tertinggi secara global, melaporkan jumlah kasus baru terbesar (43%) pada tahun 2020.

Sebanyak 4 dari 10 orang dengan TB di wilayah tersebut tidak terdiagnosis dan tidak diobati, situasi yang diperburuk oleh gangguan kesehatan yang disebabkan oleh COVID-19. Hal ini pada gilirannya telah menyebabkan jumlah orang yang didiagnosis dan dirawat di negara-negara yang terkena dampak terburuk turun ke tingkat 2008, mengancam kemajuan menuju penghentian TB.

Berkaca pada forum tersebut, Ana-Maria Ionescu, Global TB Franchise Lead, Johnson & Johnson Global Public Health, mengatakan, “Forum tersebut menunjukkan tekad, fokus, dan inovasi komunitas TB dan program TB nasional di Asia-Pasifik, yang telah menjadi sangat penting dalam menjaga penyelamatan jiwa, kesinambungan layanan TB penting bagi begitu banyak orang yang hidup dengan TB, dan mengurangi beberapa dampak terburuk COVID-19. Johnson & Johnson sangat berkomitmen untuk membuka inovasi di tingkat lokal, regional, dan global untuk menemukan jutaan orang hilang dan tidak terdiagnosis yang hidup dengan tuberkulosis – dan dengan cara ini berkontribusi terhadap tujuan yang kita semua bersama – menjadikan TB sebagai penyakit masa lalu.”

Mengambil pendekatan peta jalan untuk membangun strategi penemuan pasien di masa mendatang, diskusi berpusat pada pemanfaatan pemikiran inovatif, teknologi, dan pendekatan kemitraan publik-swasta yang mempercepat dampak implementasi.

  • Meningkatkan tingkat pemberitahuan TB tetap menjadi prioritas, yang memerlukan intensifikasi penemuan kasus baik di dalam maupun di luar fasilitas kesehatan;
  • Pelajaran dari menangani krisis kesehatan global lainnya, seperti COVID-19 dan HIV, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan tanggapan TB yang ada saat ini;
  • Peluang harus terus diidentifikasi untuk melengkapi atau bahkan berintegrasi dengan upaya penanganan COVID-19 saat ini, seperti melakukan pengujian simultan untuk COVID-19 dan TB;
  • Teknologi baru dapat membantu mendukung dan mengatasi setiap tahap perjalanan pasien TB – mulai dari memanfaatkan analisis data dan pembelajaran mesin untuk meningkatkan tingkat pemberitahuan TB, hingga memanfaatkan teknologi sinar-X terbaru dan diagnostik molekuler untuk meningkatkan diagnosis TB dini dan membantu memastikan bahwa pasien mendapatkan pengobatan yang tepat waktu dan optimal. Telehealth dan digitalisasi juga akan memainkan peran yang semakin penting dalam pengendalian dan pencegahan TB;
  • Membentuk kemitraan strategis antara sektor publik dan swasta dan membawa lebih banyak pemangku kepentingan – seperti otoritas lokal, lembaga, dan organisasi sosial dan sipil – ke dalam gerakan TB adalah kunci untuk mengakhiri TB;
  • Kolaborasi inovatif perlu melampaui lini industri untuk memenuhi kebutuhan pasien dengan lebih baik. Contoh penting termasuk
    • Kemitraan antara Xian Janssen Pharmaceutical dan Tencent di China untuk bersama-sama membangun platform pasien TB yang resistan terhadap obat dalam menyediakan layanan terkait kesehatan;
    • Mendukung MTV Staying Alive Foundation di India dalam kampanye ‘edutainment’ untuk mendorong kesadaran dan pendidikan di kalangan anak muda; dan
    • Johnson & Johnson bekerja sama dengan PATH on Breath for Life (B4L), sebuah inisiatif yang diluncurkan pada tahun 2016 yang bertujuan untuk mempercepat deteksi, pengobatan, dan pencegahan kasus TB anak melalui penguatan sistem kesehatan di provinsi pegunungan pedesaan utara Nghe An, Vietnam.
  • Stigma dan diskriminasi yang terkait dengan TB terus menghambat upaya penemuan kasus dan diagnosis yang efektif. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendorong komunikasi kesehatan langsung dan tidak langsung kepada pasien, anggota keluarga dan masyarakat untuk memfasilitasi ekosistem yang mendukung bagi pasien. Misalnya, ‘Mengakhiri TB di Tempat Kerja’ adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong sektor swasta memainkan peran yang menentukan dalam mengatasi penyakit, dengan memanfaatkan potensi bisnis yang belum dimanfaatkan di seluruh dunia untuk menjangkau jutaan pekerja dan komunitas mereka.

Forum tersebut juga menekankan pentingnya memobilisasi generasi muda untuk mengakhiri TB. Orang-orang muda berusia antara 15-34 tahun terkena TB secara tidak proporsional, membawa beban penyakit terberat.

Johnson & Johnson menyadari bahwa langkah pertama yang penting adalah memungkinkan partisipasi mereka yang berarti dalam upaya TB nasional dan akan menjajaki inisiatif yang ditujukan untuk mengaktifkan pemuda sebagai agen perubahan di wilayah tersebut.

Jacki Hatfield, Global Strategic Partnership Lead TB, Johnson & Johnson mengatakan, “Untuk memastikan tidak ada anak muda yang tertinggal, kita perlu mengenali pemuda sebagai agen perubahan yang mampu mengatasi masalah terkait dalam mengatasi tuberkulosis, seperti kesenjangan dalam kesadaran dan akses serta menghadapi stigma dan diskriminasi. Melalui pekerjaan berkelanjutan kami, kami berharap dapat memajukan keterlibatan dengan kaum muda dan memperkuat suara mereka untuk mengakhiri TB.”

Melalui studi kasus yang disajikan, forum juga mengangkat pentingnya kemitraan publik-swasta untuk mengakhiri TB. Langkah-langkah baru, berani, dan kreatif diperlukan untuk menghadang lintasan penyakit ini, dan kolaborasi semacam itu memungkinkan kelincahan, keahlian, dan jangkauan industri yang dimiliki sektor swasta untuk melengkapi upaya pemerintah di masing-masing negara dan menciptakan momentum di balik gerakan TB.

Johnson & Johnson telah menjadi mitra yang berkomitmen dalam perjuangan global melawan TB selama lebih dari dua dekade. Inisiatif 10-tahun yang komprehensif yang dimilikinya bertujuan untuk meningkatkan deteksi global kasus TB yang tidak terdiagnosis, memperluas akses ke pengobatan, dan mempercepat R&D untuk mengembangkan alat baru yang akan diperlukan untuk mengakhiri TB.

Sebagai bagian dari komitmen ini, Johnson & Johnson secara aktif berkolaborasi dengan para mitra secara regional dan global untuk mengatasi tantangan TB secara komprehensif.

VIETNAM

Associate Professor Nguyen Viet Nhung, Direktur National Lung Hospital dan Manajer Program Tuberkulosis Nasional di Vietnam, mengatakan, “Beban TB Vietnam tetap tinggi. Cakupan pengobatan TB hanya 58% pada tahun 2020, didorong oleh hambatan seperti kasus TB yang hilang dan pencegahan TB yang tidak memadai. Kami menyambut kemitraan dari pemimpin layanan kesehatan global seperti Johnson & Johnson, di samping pekerjaan kami dengan otoritas lokal, lembaga, dan organisasi sipil untuk mempercepat kemajuan dalam mengakhiri TB di Vietnam, dan memastikan tidak ada yang tertinggal.” 

THAILAND

Dr. Phlin Kamolwat, Direktur Biro Tuberkulosis Departemen Pengendalian Penyakit dan Manajer Program Tuberkulosis Nasional di Thailand, mengatakan, “Thailand baru-baru ini keluar dari daftar negara dengan beban tinggi untuk TB yang resistan terhadap obat. Namun, masih ada di 30 negara dengan beban TB tertinggi, karena masih ada kesenjangan dalam pemberitahuan kasus TB selama pandemi COVID-19.”

“Pada 2020, terdapat 105.000 kejadian TB di Thailand, tetapi hanya 85.837 kasus yang terdeteksi. Thailand berencana untuk memulihkan upaya pemberitahuan kasusnya dengan meningkatkan kapasitas, memfasilitasi kolaborasi yang lebih besar, dan memanfaatkan sumber daya yang ada dari upaya COVID-19 yang sedang berlangsung, dan kami menyambut kemitraan dari pemimpin layanan kesehatan global seperti Johnson & Johnson dalam perjuangan kami untuk mengakhiri TB di Thailand.”

INDONESIA

Dr. Tiffany Tiara Pakasi, Manajer Program Nasional Tuberkulosis di Indonesia (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia), mengatakan, “Meskipun Indonesia telah membuat kemajuan besar selama beberapa tahun terakhir dalam hal peningkatan akses ke perawatan bagi mereka yang terkena dampak TB, kita masih menempati urutan ketiga untuk kejadian TB secara global. Kami menyambut baik kemitraan dari pemimpin dan mitra layanan kesehatan global seperti Johnson & Johnson, yang akan mendukung upaya berkelanjutan yang sangat dibutuhkan untuk mengakhiri TB di Indonesia.”

FILIPINA

Dr. Anna Marie Celina Garfin, Manajer Program Tuberkulosis Nasional di Filipina, mengatakan, “Sebagai sebuah bangsa, kami bercita-cita untuk Filipina bebas TB. Filipina masih merupakan salah satu dari 30 negara dengan beban TB tertinggi, karena masih ada kesenjangan dalam pemberitahuan kasus TB secara nasional. Khususnya, tingkat pemberitahuan kasus menurun sebesar 37% pada tahun 2020.

Dipandu oleh Rencana Penghapusan TB Strategis Filipina (PhilSTEP) untuk tahun 2020 – 2023, kami akan terus berinovasi dalam tindakan, mengadopsi teknologi baru, dan berkolaborasi dengan mitra lokal dan internasional termasuk Johnson & Johnson, untuk menunjukkan persatuan dalam upaya global untuk mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung lama ini. Saya sangat percaya bahwa melalui upaya kolaboratif dan terpadu, kita memiliki peluang yang lebih baik untuk mengakhiri dampak buruk TB.”

Tentang TB

TB adalah penyakit pernapasan yang merenggut 1,5 juta jiwa pada tahun 2020, lebih banyak dari penyakit menular lainnya sebelum munculnya COVID-19. Ini juga merupakan penyebab kematian ke-13 di seluruh dunia. Insiden dan kematian akibat TB terus menurun selama beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari kegiatan intensif oleh negara-negara dengan beban tinggi untuk menemukan orang dengan TB lebih awal dan memberikan pengobatan yang tepat.

Namun, untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, kematian akibat TB telah meningkat karena berkurangnya akses ke diagnosis dan pengobatan TB dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Tentang TB Resisten Obat / TB-RO (Multidrug-Resistant TB /MDR-TB)

Setiap tahun, hampir setengah juta orang di seluruh dunia menderita TB Resisten Obat (TB-RO). Tumbuhnya resistensi terhadap obat yang paling umum digunakan memperparah tantangan kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh TB. Multidrug-resistant TB (MDR-TB) atau TB-RO – suatu bentuk TB yang tidak menanggapi setidaknya isoniazid dan rifampisin, dua obat anti-TB yang paling kuat – tetap menjadi krisis kesehatan masyarakat dan ancaman keamanan kesehatan.

Secara global pada tahun 2020, 71% orang yang didiagnosis dengan TB paru yang dikonfirmasi secara bakteriologis diuji untuk resistensi rifampisin, naik dari 61% pada tahun 2019. Perbaikan dalam tingkat diagnosis dan pengobatan diperlukan untuk membantu mengendalikan epidemi TB-RO. Pada tahun 2020, hanya sekitar satu dari tiga orang dengan TB yang resistan terhadap obat yang mengakses pengobatan.

Komitmen Johnson & Johnson terhadap TB

Johnson & Johnson telah menjadi mitra yang berkomitmen dalam perjuangan global melawan TB selama lebih dari dua dekade. Pada tahun 2012, Johnson & Johnson memperkenalkan obat TB baru pertama dalam hampir setengah abad, yang sekarang membantu mengubah pengobatan untuk TB yang resistan terhadap berbagai obat (TB RO). Hingga saat ini, Johnson & Johnson telah menyediakan lebih dari hampir 450.000 upaya pengobatan di 148 negara, termasuk 30 negara dengan beban TB-MDR tertinggi.

Pada September 2018, Johnson & Johnson mengumumkan sebuah inisiatif 10-tahun yang komprehensif untuk mendukung target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengakhiri pandemi TB pada tahun 2030.

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan deteksi global terhadap kasus TB yang tidak terdiagnosis, memperluas akses ke pengobatan untuk MDR-TB dan mempercepat R&D untuk mengembangkan perangkat baru yang akan dibutuhkan untuk mengakhiri TB. Berdasarkan upaya ini, pada Oktober 2019, Perusahaan Johnson & Johnson telah mengumumkan komitmennya untuk menginvestasikan USD 500 juta untuk membantu mengakhiri epidemi TB dan HIV.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article