Jumat, April 19, 2024

ASIDEWI Java-Sumatera Overland 2022

Must read

Siksa Kubur

ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia) kembali menyelenggarakan perjalanan bertajuk “ASIDEWI Java-Sumatera Overland 2022” dalam perjalanan ini Asidewi akan menyambangi beberapa Desa Wisata di Pulau Jawa dan Sumatera. Perjalanan dimulai pada 6-28 Mei 2022 dari ujung timur pulau Jawa Kabupaten Banyuwangi dan finis di Kabupaten Lampung Barat pulau Sumatera.

Di samping kegiatan Halal bi Halal dan Pelatihan SDM di masing-masing Desa yang dikunjungi, Tim Asidewi juga melakukan kegiatan formal bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur bersama Pelaku Desa Wisata Se-Kabupaten Banyuwangi di De Jawatan park dan Desa Wisata Tamansari Kecamatan Licin dengan Tema “Penguatan Desa Wisata Kabupaten Banyuwangi”.

Sementara di Provinsi Lampung, Tim Asidewi melakukan kegiatan Sekolah Penggerak Wisata yang diikuti oleh Pelaku Desa Wisata bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata di beberapa desa di Lampung Barat, kegiatan dilakukan selama 3 hari penuh di setiap desa.

Materi Pelatihan SDM Desa Wisata pada kegiatan ini meliputi:

  1. Pemetaan Partisipatif Potensi Sumber Daya Desa
  2. Penguatan Kelembagaan Desa Wisata
  3. Pemahaman dan Implementasi Sapta Pesona
  4. Kepemanduan dan Storytelling Desa Wisata
  5. Pengembangan Homestay
  6. Digitalisasi Desa, Branding dan Pemasaran Desa Wisata

Adapun tujuan dari perjalanan kali ini adalah untuk menyemangati kembali pelaku desa wisata untuk kembali menggerakkan kegiatan pariwisata pasca pandemi sebagai pendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sementara kegiatan Sekolah Penggerak Wisata bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman bagi Pengelola Desa Wisata dan warga desa agar mampu mengembangkan potensi desanya sebagai pendorong ekonomi dan peningkatan kesejahteraan melalui sektor pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.

“Kami sangat mengapresiasi Disporapar Kab. Lampung Barat yang telah menfasilitasi kegiatan Sekolah Penggerak Wisata yang dilaksanakan di beberapa Desa di Lampung Barat ini, sehingga seluruh perwakilan kelompok masyarakat desa bisa mengikuti kegiatan dengan maksimal,” ucap Andi Yuwono Ketua Umum ASIDEWI. 

Desa yang dikunjungi di Pulau Jawa
Banyuwangi (Ekowisata Bedul, Djawatan, Songgon, Tamansari, Watudodol), Lumajang (Pronojiwo, Oro-oro Ombo, ), Jember (Ajung), Situbondo (Kampung Blekok), Probolinggo (Jati Kampung Seni, Pantai Permata Pilang) Sidoarjo (Desa Budaya Wage), Jombang (Wisata Religi Tambakberas), Madiun (Kampung Budaya Dongkrek), Pekalongan (Kampung Batik Petukangan), Tangerang (Kampung Kreatif Balaraja)

Desa dikunjungi di Pulau Sumatera
Kota Bandar Lampung, Lampung Barat (Bahway Kecamatan Balik Bukit, Sukaraja dan Mutar Alam Kecamatan Way Tenong), Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article