Jumat, Maret 29, 2024

Awas, Phising!

Must read

Presiden kebal hukum?

Di modern yang semua hal sudah serba canggih, ternyata banyak oknum tak bertanggung jawab yang berkeliaran di dunia maya melakukan penipuan. Salah satunya adalah kejahatan online yang disebut phising. Berikut ini adalah informasi seputar phising dari PayPal – sistem pembayaran elektronik terbesar saat ini, yang semoga Anda mengenalinya, sehingga tidak menjadi korban penipuan. 

Mengenali dan melaporkan email palsu

Phishing dan email palsu merupakan penyebab utama pencurian informasi dan identitas, dan cukup sulit dikenali. Email palsu kerap terlihat seperti email sebenarnya sehingga penting untuk selalu waspada di dunia maya.

Apa itu phishing?

Email phishing dan situs web yang menipu meminta Anda untuk mengeklik tautan, menghubungi mereka, atau membuka lampiran untuk memperbarui informasi rekening, mengonfirmasi sandi atau pembelian yang tidak Anda lakukan. Saat Anda mengikuti tautan, ternyata situs tersebut tidak aman, memungkinkan penipu mengumpulkan detail login dan/atau informasi keuangan Anda.

Mengenali pemalsuan saat Anda melihatnya

Pemalsuan phishing hampir selalu meniru perusahaan terkenal dan menyertakan logo perusahaan, templat email yang terlihat resmi, atau skrip panggilan telepon hingga komunikasi perusahaan yang asli. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa mengetahui perbedaannya.

Email

Perhatikan tanda-tanda berikut saat Anda menerima email yang tidak diharapkan.

  • Apakah salamnya umum atau tidak ada? Email dari kami selalu menyertakan nama lengkap Anda persis seperti yang terdapat di rekening Anda.
  • Apakah ada lampiran?
  • Apakah tautannya terlihat asli? Hover tautan sebelum mengeklik untuk mengeceknya.
  • Apakah desain atau logonya sudah lama?
  • Apakah email tersebut meminta Anda segera bertindak?
  • Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa?

Jika jawaban Anda adalah “ya” untuk semua hal di atas, email tersebut mungkin tidak resmi.

Situs web

Kapan pun Anda mengunjungi situs web dari tautan, perhatikan tanda-tanda berikut untuk memastikan keamanan Anda.

  • Apakah huruf S (yang berarti “secure”) hilang dari “https” di awal alamat web?
  • Apakah tanda gembok di bilah alamat peramban Anda hilang?
  • Apakah desain atau logonya sudah lama?
  • Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa?
  • Apakah alamat situs web terlihat ganjil?

Jika jawaban Anda adalah “ya” pada semua pertanyaan di atas, Anda mungkin mengunjungi situs web yang menipu.

Teks

Smishing atau mishing adalah SMS atau teks yang setara dengan email phishing. Hal ini bahkan juga terdapat di aplikasi dan situs media sosial. Biasanya mengandung pesan yang mendesak, meminta Anda untuk menghubungi nomor tertentu atau mengeklik tautan untuk membatalkan transaksi yang tidak Anda kenali atau memperbarui informasi Anda.

Panggilan suara

Vishing adalah upaya phishing dengan panggilan suara. Seringkali dalam bentuk rekaman pesan yang memberi tahu Anda bahwa ada masalah mendesak atau tagihan yang terlambat. Mereka bahkan mungkin menyebutkan polisi atau pejabat pemerintah yang berwenang. Jangan hubungi mereka, walaupun ID penelepon adalah ”PayPal” atau perusahaan terpercaya lainnya.

Menemukan pemalsuan?

Jika Anda menerima email phishing atau secara kebetulan mengunjungi situs web yang menipu, walaupun Anda tidak begitu yakin, teruskan pada PayPal di [email protected] dan PayPal akan menginvestigasinya. Pastikan Anda meneruskan emailnya (bukan mengirimnya sebagai lampiran) sehingga informasi pelacakan yang bernilai tentang sumbernya tetap utuh. Begitu selesai, hapus email secara permanen dari kotak masuk Anda – jangan pernah klik satupun tautan.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article