Jumat, April 19, 2024

Ayo berobat kanker di negeri sendiri

Must read

Siksa Kubur

  • Sebagian dari masyarakat Indonesia dengan penyakit kritikal seperti kanker maupun jantung cenderung untuk memilih pengobatannya ke luar negeri setiap tahun, dengan tujuan utama Malaysia dan Singapura.  
  • Kampanye Ayo Berobat Kanker di Negeri Sendiri diinisiasi dengan latar belakang untuk meningkatkan kesadaran serta mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa peningkatan kualitas pelayanan kanker merupakan proses yang panjang, kompleks, dan melibatkan banyak pihak.
  • PT Johnson & Johnson Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung berbagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia dengan melakukan kemitraan dengan multisektor untuk mengedukasi masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan terkemuka, PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) terus melakukan berbagai inisiatif, untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia. Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bersama dengan Johnson & Johnson Indonesia mengadakan webinar yang dilakukan secara daring, Minggu, 13 Desember 2020 dengan bertemakan Ayo Berobat Kanker di Negeri Sendiri.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh CIMB Research ASEAN Institute, pada tahun 2015, lebih dari 600.000 masyarakat Indonesia dengan penyakit kritikal seperti kanker maupun jantung, lebih memilih untuk berobat ke luar negeri setiap tahunnya, dengan tujuan utama Malaysia dan Singapura.

Namun belakangan, gelombang pandemi yang berlangsung hingga saat ini mengharuskan pemerintah di setiap negara membatasi keluar masuknya wisatawan ke negara masing-masing, dalam hal ini termasuk medical tourism. Kondisi tersebut sedikit banyak mempengaruhi dinamika pengobatan pasien kanker di Indonesia. Banyak pasien yang tidak bisa melanjutkan pengobatan mereka karena akses masuk ke negara tujuan ditutup.

Sebagian masyarakat Indonesia cenderung memilih untuk berobat kanker ke luar negeri atas dasar alasan ketepatan diagnosis, kurangnya mutu pelayanan dan pengawasan kesehatan di Indonesia, dan komunikasi dokter-pasien.

Namun bagi pasien kanker, alasan memilih berobat jauh dari keluarga terkadang bukan hanya itu, melainkan beberapa jenis kanker memang belum sepenuhnya dapat dideteksi dan ditangani dengan fasilitas yang ada di Indonesia sehingga berobat ke luar negeri menjadi satu-satunya pilihan.

Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPD KHOM yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengatakan, “Sebagai salah satu negara terbesar di Asia Tenggara dan dengan jumlah penduduk terbanyak, tentunya dibutuhkan komitmen yang kuat serta waktu yang relatif panjang untuk menyempurnakan sistem kesehatan di Indonesia secara menyeluruh dan merata bukan hanya di kota besar saja.”

“Selama masa pandemi global Covid-19, banyak pasien Indonesia yang biasanya berobat ke luar negeri tidak dapat melakukan perjalanan ke luar negeri dan mengharuskan mereka untuk berobat di dalam negeri. Hal ini menyadarkan sebagian dari mereka, bahwa rumah sakit di Indonesia juga mampu untuk menangani pengobatan kanker dengan baik, sehingga pada akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pengobatan seterusnya di Indonesia.”

Oleh karena itu, penting untuk terus melakukan sosialisasi sekaligus edukasi yang berkesinambungan kepada masyarakat Indonesia mengenai pengobatan kanker di Indonesia, agar masyarakat lebih sadar dan paham mengenai penanganan kanker di Indonesia.

Devy Yheanne, Country Leader of Communications and Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, ”Medical tourism merupakan topik yang menarik karena melibatkan banyak pemangku kepentingan. Contohnya, salah satu alasan pasien memilih berobat di luar negeri adalah kecanggihan teknologi dan kecepatan akses terhadap obat-obat inovatif yang belum ada di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan dengan banyak R&D dibidang onkologi, kami merasakan banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh pemerintah (dalam hal ini BPOM RI), untuk mempercepat pelayanan publik dan akses terhadap obat kanker.“ 

Sayangnya inovasi dan transformasi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, PT Johnson & Johnson Indonesia menyadari bahwa sangat penting untuk mendukung berbagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kualitas pengobatan beberapa penyakit kritikal di dalam negeri, terutama kanker, tentunya melalui kemitraan dengan para pemangku kepentingan dari berbagai sektor.” 

Melihat kondisi tersebut, PT Johnson & Johnson Indonesia dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) berkerja sama untuk menginisiasi kampanye Ayo Berobat Kanker di Negeri Sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa pengobatan kanker dapat dilakukan di negara sendiri, dengan kualitas yang tidak kalah dengan pengobatan di luar negeri. 

Di samping itu, kampanye ini juga merupakan call to action atau himbauan kepada para pemangku kepentingan di bidangnya masing-masing untuk terus berupaya dalam meningkatkan kapasitas pelayanan kanker bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai rangkaian pertama dari kampanye ini, YKI dan Johnson & Johnson Indonesia mengadakan webinar awam (13/12) dengan mengundang tiga orang narasumber yang berasal dari sektor kesehatan dengan latar belakang yang berbeda – beda untuk memberikan berbagai pandangan sekaligus penjelasan mengenai topik yang diulas pada webinar dan dihadiri oleh lebih dari 70 orang masyarakat Indonesia.

Adapun narasumber yang hadir dalam webinar edukasi publik ini adalah Dr. dr. Djumhana Atmakusuma, SpPD KHOM, Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Hematologi dan Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (PERHOMPEDIN); Dr. Dra. Rizka Andalucia, M.Pharm, Apt selaku Direktur Registrasi Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) Republik Indonesia; dan  Dr. Grace F Indrajaja yang menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Siloam. 

Secara spesifik, pada sesi diskusi, Dr. Dra. Rizka Andalucia, M.Pharm, Apt juga menyoroti bahwa BPOM juga telah melakukan berbagai upaya berkelanjutan dalam mendukung peningkatkan pengobatan kanker di Indonesia.

Ia menyampaikan bahwa hingga saat ini, berbagai upaya yang sedang dan telah dilakukan oleh BPOM RI bertujuan untuk percepatan pelayanan publik, ketentuan mengenai kriteria dan tata laksana registrasi obat khususnya mengenai jalur evaluasi obat dan surat pemberitahuan persetujuan.

Elektronisasi untuk seluruh kategori registrasi obat;

  1. Percepatan ‘timeline’ untuk beberapa kategori registrasi obat baru menjadi 2 kali lebih cepat dari sebelumnya;
  2. Penyederhanaan mekanisme ‘reliance’ dari tiga negara referensi menjadi satu negara referensi untuk beberapa kelompok obat tertentu; dan
  3. Penghilangan mekanisme ‘approvable letter’ untuk kategori registrasi tertentu.

Selain mengatur proses registrasi obat di Indonesia, BPOM juga melakukan pengawasan terhadap obat-obatan yang sudah mendapatkan izin edar untuk menerapkan prinsip Farmakovigilans untuk melindungi pasien dan memantau efek samping yang terjadi setelah obat mendapatkan izin edar.

Dengan adanya kemitraan multi sektor pada kampanye Ayo Berobat Kanker di Negeri Sendiri ini diharapkan dapat mengajak lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pengobatan di dalam negeri dan turut mendukung berbagai upaya pemerintah untuk memajukan pengobatan kanker di Indonesia agar menjadi lebih baik lagi

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article