Sabtu, April 20, 2024

Cerdas maksimal memanfaatkan teknologi

Must read

Siksa Kubur

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mewadahi masyarakat dalam webinar literasi digital untuk meningkatkan kecakapan bermedia digital dengan mempelajari empat pilar literasi digital: digital ethics, digital safety, digital culture, dan digital skills.

Pada kesempatan hari ini Senin,  (4/10/2021) Kominfo mengajak masyarakat Kabupaten Kulon Progo untuk ikut di webinar bertema “Cerdas Dalam Memaksimalkan Ruang Digital”.

Kegiatan ini dipandu oleh Fikri Hadil (presenter) dan diisi oleh empat narasumber: Mujiantok (founder Atsoft Technology, Sabinus Bora Hangawuwali (peneliti di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), Widyaningtyas Virgo Kartika (dosen Akademi Komunikasi Radya Bintama Yogyakarta), Aditya Hera Nurmoko (dosen STIE YKP Yogyakarta). Serta Mohwid (akademisi S3) yang hadir sebagai key opinion leader.

Pandemi dikatakan oleh Founder Atsoft Technology Mujiantok memberikan peluang-peluang bagi masyarakat untuk bertransformasi digital dengan masif. Masyarakat diajak untuk membiasakan menggunakan teknologi untuk bekerja, belajar, belanja, berkomunikasi dan sebagainya.

Namun perlu ada kesadaran bahwa transformasi ke dunia digital juga ada ancaman keamanan, sehingga sebagai warga digital perlu memahami konsep keamanan dalam bermedia digital.

Konsep aman bermedia digital adalah bagaimana pengguna digital dapat beraktivitas daring secara bijak, sesuai dengan etika atau norma yang berlaku tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Yang harus digarisbawahi dalam menjaga keamanan dalam bertransformasi di dunia digital adalah perilaku kita untuk bermedia sesuai dengan etika dan bijak menjaga keamanan dan kenyamanan bermedia,” jelas Mujiantok kepada 140-an peserta webinar.

Ada berbagai ancaman keamanan yang mengincar aktivitas digital setiap penggunanya. Serangan keamanan digital salah satunya adalah untuk mendapatkan identitas dan data pribadi, oleh sebab itu tidak boleh asal membagikan identitas yang sifatnya privat seperti password, PIN, dan OTP.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article