Selasa, Maret 19, 2024

FSC Forest Week 2022

Must read

Tetra Pak dan IRCOMM berikan edukasi terkait dengan kesadaran konsumen terhadap tanggung jawab lingkungan 

Tetra Pak Indonesia (Tetra Pak) dan Ircomm Norton Capital (IRCOMM) Kembali melakukan edukasi terkait dengan kesadaran konsumen terhadap tanggung jawab lingkungan pada program Webinar FSC Forest Week 2022 yang menjadi salah satu rangkaian program dari FSC Forest Week 2022 yang merupakan acara global tahunan yang dilaksanakan setiap akhir September yang sebelumnya dikenal dengan nama FSC Friday.

Rangkaian kegiatan FSC Forest Week 2022 merupakan acara yang di inisiasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) bagi para mitra dan stakeholder FSC di seluruh dunia yang tujuannya adalah untuk memperkenalkan manfaat sertifikasi FSC bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari. 

FSC merupakan organisasi non-profit global yang mendorong keberlanjutan hutan di dunia melalui pengembangan sertifikasi hutan untuk memastikan produk hasil hutan bersumber dari hutan yang lestari dan dikelola secara bertanggung jawab. Rangkaian program FSC Forest Week 2022 sudah diperkenalkan sebelumnya kepada awak media bersamaan dengan perayaan Hari Hutan Indonesia 2022 di Bogor-Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan Webinar FSC Forest Week 2022 ini dilakukan secara interactive dengan tema “Help the Forest” yang mana fokusnya adalah memberikan edukasi terkait berbagai macam cara dalam meningkatkan kesadaran bagi konsumen terhadap lingkungan serta pemilihan produk hasil hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan memilih produk berlabel FSC untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 

Menurut beberapa sumber terkait dengan hasil riset yang dilakukan oleh beberapa institusi telah menunjukan hasil yang positif dengan adanya tren peningkatan kesadaran konsumen terhadap lingkungan yang salah satunya dilakukan oleh Nielsen, Sustainable Shoppers: Buy the Change They Wish to See in the World menyebut, 81 persen konsumen menghendaki kontribusi perusahaan untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar. 

Kesadaran konsumen terhadap tanggung jawab lingkungan ini utamanya terdapat pada kalangan anak muda, milenial (85%) dan gen Z (80%). Bahkan ada lebih dari 73% konsumen telah mengatakan siap akan beralih kepada produk-produk yang lebih ramah lingkungan dan 41% menyatakan lebih memilih produk-produk berbahan alami dan organik.

Reza Andreanto, Manager Sustainability Tetra Pak Indonesia,mengutarakan, “Sangat membanggakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan edukasi konsumen mengenai praktek wawasan lingkungan dalam pemilihan produk hasil hutan yang dikelola secara bertanggung jawab serta telah berlabel FSC di Indonesia.

Webinar FSC Forest Week 2022 adalah salah satu dari rangkaian kegiatan yang di lakukan dalam FSC Forest Week 2022, dan Tetra Pak Indonesia sebagai pemegang sertifikasi FSC Chain of Custody telah mendukung penuh kegiatan edukasi ini sejak 2015. Bekerja sama dengan para pelanggan, kami berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap pemilihan produk-produk hasil hutan yang di kelola secara bertanggung jawab, termasuk produk dengan kemasan karton yang kami produksi.”

“Selain itu, kami juga mendorong para pelanggan kami yang saat ini telah mencapai lebih dari 40 pemilik merek untuk mencantumkan label FSC pada kemasan produk nya. Ke depan nya kami berharap semakin tinggi tingkat kesadaran akan label FSC sehingga semakin banyak pemilik merek mencantumkan label FSC dan juga turut mengkampanyekan pentingnya label FSC dan fungsinya.”

“Tetra Pak Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang telah mempraktekan komitment dalam mendorong pemeliharaan sumber daya alam dengan memilih bahan baku kemasan yang rendah karbon, dapat diperbaharui, tersertifikasi dalam mempraktekkan prinsip pengelolaan bahan baku yang bertanggung-jawab sesuai prinsip-prinsip penerapan hutan lestari”.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article