Minggu, Oktober 2, 2022

How to Improve Your Digital Skill

Must read

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna media sosial di indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan kedepan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Lulusan sarjana baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau biasa disebut fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak diiringi dengan penambahan lapangan pekerjaan, sehingga menimbulkan kesenjangan antara tingkat kelulusan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Tingkat persaingan yang ketat membuat kita harus terus meningkatkan skill dan pengalaman agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Era digital saat ini mencari pekerjaan dapat dilakukan dari mana saja dengan mengakses Jobsite ataupun platform pencari kerja.

Kemudahan mencari pekerjaan melalui media digital harus disertai kewaspadaan agar terhindar dari tindak kejahatan penipuan. Banyak lowongan pekerjaan palsu yang bertebaran di media sosial, Jadi jangan mudah terpengaruh dengan informasi palsu apalagi sampai memberikan sejumlah uang dengan iming-imingi diterima di tempat kerja yang dijanjikan.

Lalu bagaimana meningkatkan digital skill bagi fresh graduate untuk bersaing dalam mencari pekerjaan, serta kiat terhindar dari jeratan penipuan lowongan pekerjaan palsu?

Kementerian  Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Class for fresh graduate : How to Improve Your Digital Skill” akan dilaksanakan Kamis, 22 September 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang. 

Ruth Sianturi influencer media sosial yang dikenal dengan akun HRD Bacot akan menjadi pembicara pertama. Selanjutnya ada Nur Rina Maskayanti dari Jawara Internet Sehat dan terakhir dari Relawan Teknologi Informasi Komunikasi Bekasi Aini Firdaus.

Yuk daftarkan segera dirimu melalui link berikut event.literasidigital.id/daftar atau info.literasidigital.id.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article