Kamis, Maret 28, 2024

Integrasi bisnis antara Z Holdings dan LINE

Must read

  • “Perdagangan”, “Vertikal Lokal”, “Fintech” dan “Layanan Publik” ditetapkan sebagai empat area fokus utama
  • Investasi JPY 500 miliar dan berencana akan mempekerjakan 5.000 insinyur artificial intelligence dalam waktu lima tahun ke depan
  • Pendapatan JPY 2 triliun dan pendapatan operasional JPY 225 miliar menjadi target pada tahun fiskal 2023

Z Holdings Corporation (“ZHD”) dan LINE Corporation (“LINE”) mengumumkan telah selesainya proses integrasi bisnis di antara kedua perusahaan. ZHD dan LINE, bersama dengan perusahaan induk masing-masing, SoftBank Corp. (“SoftBank”) dan NAVER Corporation (“NAVER”), telah melakukan serangkaian proses dalam rangka mewujudkan integrasi bisnis setelah dilaksanakannya Nota Kesepahaman mengenai Integrasi Bisnis pada November 2019, Perjanjian Definitif mengenai Integrasi Bisnis pada Desember 2019, dan Nota Kesepahaman Aliansi Bisnis pada Agustus 2020.

Sejumlah diskusi mengenai berbagai bisnis di antara kedua perusahaan yang bertujuan untuk mempercepat sinergi guna mewujudkan proses integrasi yang sesuai harapan juga telah dilaksanakan.

Proses integrasi bisnis telah selesai dilaksanakan melalui pembagian saham yang efektif yang diatur dalam Perjanjian Bursa Saham dan disepakati antara ZHD dan LINE Demerger Preparatory Company pada 31 Januari, 2020 lalu sebagai bagian dari perjanjian terkait bisnis integrasi.

ZHD Group adalah perusahaan yang memiliki 200 anak perusahaan dan 23.000 karyawan. ZHD Group saat ini tercatat sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di Jepang, dengan total pengguna lebih dari 300 juta, 15 juta klien perusahaan, dan lebih dari 3.000 proyek kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah.

Pexels

Dengan adanya proses integrasi, jangkauan ZHD Group sekarang mencakup informasi, pembayaran dan komunikasi, semua layanan yang dibutuhkan untuk kehidupan masyarakat.

Dengan memungkinkannya orang untuk “Mendapatkan Yang Lebih Baik Lagi” melalui kekuatan internet, ZHD Group bercita-cita untuk menciptakan nilai baru dengan membantu menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi di Jepang dan negara-negara lainnya, dengan berkontribusi untuk memberikan kenyamanan penggunaan internet pada masyarakat yang berkembang.

ZHD Group tidak hanya akan terus melanjutkan fokus pada Yahoo Japan Corporation (“Yahoo! JAPAN”) dan area bisnis utama LINE yaitu of “Search/Web portal,” “Advertising” dan “Messenger,” mereka juga telah menetapkan empat fokus area bisnis baru yaitu “Commerce,” “Local Vertical,” “Fintech”, dan “Public Services”.

Perusahaan akan menerapkan teknologi data dan AI pada setiap area tersebut untuk lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan lebih bagi para pengguna, pelanggan, dan masyarakat yang lebih luas.

Empat Fokus Area

1. Commerce

Perdagangan sosial dan hubungannya dengan toko konvensional secara fisik (X Shopping).

Melalui perdagangan sosial dengan menggunakan aplikasi LINE, ZHD Group bertujuan untuk mewujudkan dunia di mana orang dapat membeli apa yang dibutuhkan dengan harga terbaik, kapan saja, dan di mana saja.

Berbagai macam jenis layanan akan diperkenalkan, termasuk “Social Gift” yang memungkinkan orang untuk mengirimkan hadiah kepada temannya di LINE. “Team Purchase” atau pembelian berkelompok memudahkan orang untuk mendapatkan diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak bersama teman-teman mereka, dan “Live Commerce”, sebuah platform yang menghubungkan mereka dengan influencer melalui video.

Selain itu, “X (Cross) Shopping” juga hadir sebagai pengalaman berbelanja yang menampilkan informasi produk dari sebuah toko baik secara online maupun offline, yang memungkinkan pengguna memilih metode pembelian yang sesuai.

“My Price Initiative” atau harga inisiatif adalah sebuah fungsi penetapan harga yang dinamis yang direncanakan untuk diluncurkan di masa yang akan datang, kami juga sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan program penghargaan loyalitas di masa mendatang.

Memberikan solusi e-commerce (“EC”) melalui “Smart Store Project”

Grup berencana untuk meluncurkan “Smart Store Project” atau proyek toko cerdas pada paruh pertama tahun 2021, dengan memanfaatkan pengetahuan NAVER di EC.

Melalui layanan ini, mereka akan memberikan solusi EC kepada operator bisnis, termasuk alat pembuatan situs, pengoperasian, dan analisis untuk situs web, serta layanan untuk pelanggan, dan informasi mengenai jumlah pengunjung serta data penunjang lain.

Di masa yang akan datang, perusahaan berencana untuk menyediakan alat tambahan yang memungkinkan mereka untuk mengoperasikan bisnis secara online dan offline dalam satu layar.

2. Local Vertical

“Vertikal Lokal” adalah solusi untuk mendukung transformasi bisnis digital melalui AI yang akan kami sediakan. Kategori ini meliputi layanan seperti akomodasi dan reservasi restoran.

Di dunia periklanan, kami akan memberikan solusi pemasaran baru untuk bisnis melalui kolaborasi dengan Yahoo! JAPAN, LINE, dan PayPay, yang memungkinkan perusahaan melakukan pemasaran yang lebih efektif dan memungkinkan pengguna menerima penawaran yang lebih personal.

3. Fintech

Perusahaan sedang mempersiapkan untuk menghubungkan pedagang yang menyediakan pembayaran melalui PayPay dan LINE Pay.

Mulai akhir April 2021, pengguna LINE Pay akan dapat melakukan pembayaran di lebih dari 3 juta pedagang PayPay di seluruh Jepang yang menggunakan program merchant-presented mode (MPM). PayPay dan LINE Pay juga telah memulai diskusi untuk mengintegrasikan pembayaran QR code dari LINE Pay ke PayPay pada bulan April2022 .

4. Public Services

Grup akan fokus pada transformasi digital layanan publik, pencegahan bencana, kesehatan, dan upaya untuk mengatasi tantangan sosial melalui kerjasama kemitraan publik-swasta.

Selain itu melalui “LINE Doctor”, sebuah layanan untuk pengguna di Jepang yang disediakan oleh LINE Healthcare Corporation, kami akan membuat layanan telemedicine yang lebih nyaman dan dapat diakses dengan mengembangkan layanan baru, mulai dari panduan pengobatan online hingga pengiriman obat dan perawatan medis online.

Perusahaan bertujuan untuk memulai panduan pengobatan online pada akhir tahun fiskal 2021 dan akan berupaya untuk menjadikan “LINE Doctor” No. 1 di Jepang.

Investasi dan ekspansi bisnis global

ZHD Group berniat untuk membentuk nilai baru dengan mengintegrasikan AI kepada seluruh lini bisnis.

Untuk mewujudkan hal ini, ZHD Group berencana untuk menginvestasikan sejumlah JPY 500 milliar dan menambah jumlah insinyur AI baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dengan target sebanyak 5000 insinyur AI dalam waktu lima tahun ke depan.

Sebagai tambahan, perusahaan juga bermaksud untuk memanfaatkan kesuksesan globalnya untuk meningkatkan layanan dan mengembangkan produk serta fitur baru.

Melalui pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki LINE di berbagai pasar seperti Taiwan, Thailand dan Indonesia, serta negara-negara lain – ZHD Group akan dapat meningkatkan layanan dan kapabilitas secara global, termasuk di Jepang.

Perusahaan juga bertujuan untuk memanfaatkan pengetahuan dan jaringan dari SoftBank dan NAVER secara penuh dengan keinginan untuk melakukan ekspansi di luar negeri.

Penanganan Data

Dengan penanganan data, grup akan terus memprioritaskan privasi dan keamanan dengan memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk pengguna, beroperasi sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku, serta mencari saran dan melakukan evaluasi dari para ahli.

Grup pun akan terus memberikan penjelasan yang menyeluruh dan transparan saat mendapatkan persetujuan pengguna, serta akan berusaha untuk memastikan keselamatan dan keamanan dengan mematuhi berbagai standar internasional.

Struktur dan Kebijakan Manajemen

Di bawah struktur manajemen baru yang juga diumumkan hari ini, ZHD bertujuan untuk menghasilkan sinergi dan mendorong pertumbuhan bisnis serta layanan.

ZHD bertujuan untuk mencapai pendapatan JPY 2 triliun dan pendapatan operasional tertinggi sebesar JPY 225 miliar pada tahun fiskal 2023.

ZHD akan terus memberikan pengalaman terbaik kepada semua pengguna secara global dan berusaha untuk memecahkan masalah sosial dengan menggunakan kekuatan internet.

Grup bertujuan untuk menjadi “Perusahaan Teknologi AI Terkemuka di Dunia dari Jepang dan Asia,” yang memberikan pengalaman pengguna terbaik ke Asia dari Jepang.

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article