Jumat, Maret 29, 2024

Keunikan jaket denim tenun

Must read

Presiden kebal hukum?

Ternyata ada jaket denim yang dibuat dari bahan tenun lho. Seperti yang kita ketahui jaket denim merupakan salah satu item fashion pelengkap gaya kasual. Pada umumnya jaket denim dibuat menggunakan material bahan denim pabrikan yang sudah jadi, nah kali ini kita akan mengulas Jaket Denim yang terbuat dari bahan tenun.

Seperti karakter tenun pada umumnya, bahan tenun denim ini dikerjakan oleh tangan-tangan terampil seniman tenun Indonesia, menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Kainnya dipintal dari benang-benang dengan tingkat kerumitan dan kesabaran luar biasa oleh para penenunnya. 

Tak banyak brand denim yang mampu mengeluarkan handwoven (tenun tangan) berbahan denim ini sebenarnya. Kenapa? Karena skill dan waktu yang dibutuhkan, serta ketelitian dan kesabaran ekstra yang harus dimiliki.

Oleh karena itu, tak heran jika pengrajin tenun ini bisa dikategorikan sebagai seniman-seniman tenun denim. Hasil craftmanship inilah yang kemudian membuat tenun denim memiliki nilai lebih tinggi dibanding bahan denim pabrikan pada umumnya. 

Di jaman industrialisasi serba cepat seperti saat ini, tenun denim menjadi suatu koleksi yang cukup langka di industri denim sendiri. Bisa dikatakan, hanya brand-brand denim yang mampu menghargai kearifan lokal lah yang mampu menghadirkan koleksi denim tenun ini. Salah satunya Lois Jeans.

Pandemi ternyata tidak menyurutkan Lois Jeans, brand asli Spanyol, untuk terus berkreasi dan menghasilkan produk baru yang unik dan stylish, salah satunya dengan turut men-support UMKM tenun lokal.

Merayakan 60 tahun eksistensinya, Lois Jeans bekerjasama dengan pengrajin tenun Indonesia asal Kota Pekalongan menghasilkan bahan denim tenun etnik yang kemudian dijadikan jaket denim Lois Tendo. Tendo sendiri berasal dari Kata Tenun Indonesia.

Dimulai dari proses pewarnaan alami menggunakan tanaman Indigofera Tinctoria menghasilkan warna biru yang natural dan tahan lama. Kemudian ditenun secara manual dengan ATBM (alat tenun bukan mesin) oleh tenaga-tenaga berkeahlian khusus, yaitu para seniman tenun lokal, sehingga terciptalah bahan denim tenun dengan keunikan yang khas. 

Salah satu keunggulan dari bahan denim tenun ini yaitu lebih kuat dan memiliki keunikan tersendiri karena dibuat secara handmade dengan memperhatikan tiap detailnya. Detail benang yang keluar merupakan salah satu keunikan dari jaket Lois Tendo ini, yang sengaja tidak dihilangkan agar menjadi ciri khas Lois Tendo.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article