Kamis, April 25, 2024

Masalah kandungan dan kelainan janin

Must read

Dokter RSAB Harapan Kita bagikan keterampilan penanganan masalah kandungan dan kelainan janin

Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita membagikan pengetahuan dan keterampilan kepada dokter kebidanan dan kandungan di Tanah Air melalui acara simposium The 3rd Indonesian Fetal and Reproductive Medicine (Ina Farm) 2022. Acara yang diikuti 150 dokter dari seluruh Indonesia ini berlangsung pada 13-15 November 2022 di Pullman Hotel Central Park, Jakarta.

“Kami ingin kemampuan dokter di Tanah Air makin meningkat dan dipercaya oleh warga lapisan menengah sehingga mereka tidak perlu lagi berobat ke luar negeri,” kata Direktur Utama RSAB Harapan Kita, dr Ockti Palupi Rahayuningtyas, MPh, MH.Kes. Di dalam simposium yang mengambil tema “Facts and Beyond: Fertility and Fetal Programing” terjadi tukar menukar informasi tentang kemajuan ilmu dan pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak.

RSAB Harapan Kita yang berdiri pada 22 Desember 1979 telah dipercaya Kementrian Kesehatan menjadi Rumah Sakit Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional (pada 2019) dan Rumah Sakit Pendidikan (pada 2016). Klinik Melati yang berdiri pada 1987, merupakan klinik bayi tabung pertama di Indonesia. Ockti berharap kolaborasi antar dokter dan rumah sakit di Indonesia terus diperkuat sehingga makin meningkatkan kepercayaan masyarakat. Selain itu, ujarnya, meningkatkan nama Indonesia di dunia internasional.

Kementrian Kesehatan memiliki program 9 penyakit prioritas yang mendapat perhatian besar. Yaitu penyakit jantung, kanker, stroke, penyakit yang menyebabkan kematian ibu dan anak, infeksi, TB, DB dan penyakit hepar. “RSAB Harapan Kita berperan untuk mengurangi penyakit yang menyebabkan kematian ibu dan anak-anak,” ujar Ockti.

Jumlah pasangan subur di Indonesia saat ini sekitar 42 juta pasangan. Akan tetapi, ada 4,2 juta pasangan yang memiliki kasus infertilitas atau kemandulan. Selain itu juga ada peningkatan kasus-kasus kelainan kromosom janin, gangguan pada kehamilan kembar, dan komplikasi pada ibu yang hamil. Terutama preeklamsia yang menjadi salah satu penyebab kematian dan sakit ibu dan janin yang tinggi.

“Para ahli ilmu obstetri ginekologi dan dosen senior di RSAB Harapan Kita membagikan pengetahuan dan keterampilannya kepada peserta,” kata Ketua Panitia Ina Farm 2022, Dr. dr. Agus Supriyadi, Sp.O.G, Subsp.F.E.R, Mkes, MPH. Para peserta adalah dokter kebidanan dan kandungan dari rumah sakit di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Berau, Nunukan, dan Papua.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article