Rabu, April 24, 2024

Membangkitkan pariwisata Banyuwangi

Must read

Masa pandemi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah dan diimplementasikan oleh sebagian besar wilayah di Indonesia dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membawa dampak yang sangat besar terhadap pariwisata, terlebih dengan kondisi wabah dunia yang menyebabkan Sebagian besar negara dunia juga memberlakukan lockdown.

Jiwa Jawa Resort merasakan dampak langsung dan signifikan dengan kondisi pariwisata yang terpuruk akibat pandemi tersebut. Penutupan Destinasi Bromo dan Ijen meyebabkan dampak yang berat bagi kelangsungan operasional Jiwa Jawa Resort.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi di mana Jiwa Jawa Resort berlokasi berkomitmen sangat keras untuk dapat membangkitkan pariwisata Banyuwangi supaya dapat pulih lebih cepat. Hal ini juga didukung pemerintah Pusat yang juga menetapkan Banyuwangi sebagai destinasi awal yang siap dalam menyambut wisatawan dengan tatanan era baru.

Hal tersebut terungkap dalam acara “Ngobrol Asik bareng Media”, Selasa, 11 Agustus 2020, pukul 16 00 – 19.00 di Pison Jakarta Senopati.

Jiwa Jawa Resort Ijen mendapatkan sertifikasi aman untuk dijadikan tempat tujuan menginap di kawasan ijen setelah melalui proses verifikasi oleh team gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Jiwa Jawa Resort Ijen adalah Resort terdekat menuju kawah biru Ijen. Lokasi yang sangat strategis dan mudah terjangkau, dilengkapi dengan 26 kamar tamu yang luas dan nyaman. Terbagi menjadi 18 kamar dilengkapi balkon yang menghadap Gunung Raung (mountain view) dan 8 kamar dengan pemandangan sawah terasiring (paddys field view).

Salah satu outlet yang dimiliki Jiwa Jawa Resort Ijen dan menjadi daya tarik sekaligus destinasi wisata di Banyuwangi adalah Taman Gandrung Terakota. Taman Gandrung Terakota merupakan situs rawat ruwat seni budaya asli Banyuwangi yaitu tari Gandrung. Di taman ini pengunjung dapat menikmati udara segar dengan hamparan sawah yang luas, patung-patung penari gandrung yang seluruhnya terbuat dari tembikar atau terakota.

Taman Gandrung Terakota di tahun 2019 merupajkan tuan rumah untuk 15 event Banyuwangi Festival, yaitu Sendratari Meras Gandrung dalam Festival Lembah Ijen sebanyak 12 kali, Jazz Gunung Ijen, Women Cycling Challenge, dan Ijen Green run 2019. Sendratari Meras Gandrung merupakan pertunjukan seni budaya yang dapat menjadi opsi yang sangat menarik bagi wisatawan dalam menikmati sebuah karya seni tari.

Di lokasi Taman Gandrung Terakota juga terdapat Roemah Tjokelat Ijen yang menyajikan minuman kopi dan coklat khas Ijen yang diracik oleh barista-barista Java Banana Café Ijen.

Selain Taman Gandrung Terakota, tamu dapat menikmati tur keliling desa yang dapat ditempuh dengan menggunakan Jip terbuka atau sepeda yang antara lain menuju Kampung Susu Ampelgading, Air Terjun Jagir, Agrowisata Tamansuruh, Perkebunan kopi dan karet Kalibendo, Pemandian Sendang Seruni.

Jiwa Jawa Resort Ijen yang terletak di Desa Wisata Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi menjadi pilihan yang sangat tepat Ketika ingin menjelajah Banyuwangi dan merasakan pengalaman menginap yang tak terlupakan dengan kemewahan kamar dan keramahan staff yang terlatih.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article