Rabu, Februari 1, 2023

Menggalang solidaritas untuk Palestina dan dunia Islam

Must read

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sesuai dengan visi dan misinya yang senantiasa turut memajukan perdamaian dunia, Rabu, 30 November 2022 dalam rangka memperingati Bulan Solidaritas untuk Bangsa Palestina dan Dunia Islam menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Menggalang Solidaritas Untuk Palestina dan Dunia Islam.”

Ketua Panitia Dr. Amirah Nahrawi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan tersebut. Ia menambahkan, bahwa solidaritas kita pada Palestina harus berbentuk nyata yang salah satunya adalah dengan mendukung pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina. 

Penyelenggaraan seminar bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) ini sangat tepat waktunya, di tengah situasi internasional yang sedang menghadapi beragam krisis, mulai dari krisis diakibatkan oleh pandemik Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia, krisis lingkungan, krisis pangan dan energi yang diakibatkan oleh konflik dan perang terbuka yang melibatkan adidaya hingga krisis persaudaraan umat manusia yang diakibatkan oleh kekerasan antar agama.

Sekretaris Jenderal MUI, Dr. Amirsyah Tambunan dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa krisis-krisis tersebut tidak menggeser perhatian masyarakat dunia terhadap krisis di Palestina, terhadap nasib Bangsa Palestina yang hingga abad 21 ini masih hidup di bawah penjajahan otoritas zionis Israel. Semangat kita untuk terus membantu bangsa Palestina tidak boleh kendor, yaitu semangat untuk membangun Rumah Sakit Indonesia di Hebron. Meskipun terdapat banyak kendala, tetapi diplomasi kemanusiaan ini tidak boleh kendor. Semangat kita jangan sampai kendor. 

Tekad membantu bangsa Palestina ini merupakan tekad bangsa Indonesia. Kebutuhan biaya yang 80 Milyar itu kecil, apalagi sekarang sudah terkumpul 27 Milyar. MUI terus mendorong dan mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk membantu bangsa Palestina. Kita juga mendoakan bangsa Palestina, dan mendo’akan tersebut sudah menjadi amalan seluruh bangsa Indonesia. Sekarang bangsa Palestina membutuhkan bantuan kemanusiaan, mari kita melaksanakan diplomasi kemanusiaan untuk saudara-saudara kita Bangsa Palestina. MUI siap dalam memfasilitasi penyaluran donasi dari seluruh bangsa Indonesia kepada bangsa Palestina.

Senior Vice President for Islamic Ecosystems Solution BSI, Dr. Muhammad Syukron Habibi dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada MUI yang terus bersemangat dalam misi perdamaian dan kemanusiaannya, juga menyatakan kesiapan BSI untuk men-support berbagai kegiatan MUI. 

Adapun Seminar Internasional dibuka oleh Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI, Duta Besar Bunyan Saptomo selaku Moderator, yang menyatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan maksud dan tujuannya yakni untuk menggalang solidaritas untuk bangsa Palestina dan Dunia Islam maka dihadirkan para narasumber yang akan berbagi semangat solidaritas, mereka adalah Duta Besar Muhsin Syihab, Staf Ahli Menlu; Dr. Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN; Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri & Kerjasama Internasional; dan Walikota Hebron Tayseer Abu Sneineh. 

Duta Besar Muhsin Syihab dalam presentasinya antara lain menyampaikan posisi dasar Indonesia terkait isyu Palestina dimana bagi Indonesia merupakan mandat Konstitusi yang mengamanahkan bahwa penjajahan di dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan keadilan.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article