Minggu, Desember 4, 2022

Michelin tanam 6.000 bibit pohon untuk reforestasi

Must read

Michelin Indonesia memulai kegiatan penanaman pohon di beberapa area di Jakarta, Jawa Barat dan Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya konservasi hutan dan area pesisir pantai berkolaborasi dengan platform reforestasi LindungiHutan dan komunitas petani lokal pengelola area konservasi. Michelin berkomitmen menanam total 6.000 bibit secara bertahap hingga akhir tahun 2022.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette mengatakan pohon yang akan ditanam merupakan kontribusi karyawan dari empat perusahaan Michelin di Indonesia, yaitu PT Michelin Indonesia, PT Synthetic Rubber Indonesia, PT Royal Lestari Utama, dan PT Multistrada Arah Sarana. 

“Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan komitmen Michelin terhadap upaya keberlanjutan tetapi juga kontribusi keluarga besar Michelin di Indonesia. Keseluruhan 6.000 pohon disumbangkan oleh karyawan melalui kegiatan 10K Steps Challenge, di mana setiap 10 ribu langkah yang disumbangkan oleh karyawan ditukar menjadi 1 pohon,” kata Steven melalui siaran pers, Jumat, 30 September 2022.

Pada setiap lokasi yang dipilih karyawan Michelin menanam 1.000 bibit pohon. Penanaman diawali di Pantai Tangkolak, Karawang, Jawa Barat dengan bibit mangrove, lalu dilanjutkan dengan penanaman bibit buah-buahan di areal perbukitan Awi Poleng di Kabupaten Bandung, serta mangrove di Pulau Pari. Kegiatan penanaman dilanjutkan di tiga lokasi di Jambi di area konservasi yang dikelola oleh perusahaan karet alam milik Michelin yaitu PT Royal Lestari Utama. Penanaman di Jambi dilakukan oleh tim konservasi, karyawan dan para ranger PT Royal Lestari Utama.

Presiden Direktur PT Synthetic Rubber Indonesia Michel Lefebvre yang turut hadir dalam kegiatan penanaman mengatakan bibit-bibit yang ditanam oleh karyawan Michelin akan dimonitor oleh tim LindungiHutan bersama dengan para petani pengelola area konservasi untuk memastikan pertumbuhan berjalan baik sehingga proses regenerasi berjalan dengan maksimal. 

“Bibit-bibit tanaman mangrove ditanam untuk menahan arus laut dan melindungi garis pantai serta masyarakat pesisir dari rob. Sedangkan bibit tanaman buah dan pohon kayu ditanam di Bandung dan Jambi berfungsi untuk meregenerasi hutan,” kata Michel. Selain itu, Michelin bersama entitas perusahaannya di Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi perusahaan terhadap keberlanjutan dan regenerasi alam.

Ketua Yayasan Lindungi Hutan Miftachurrobani menyambut baik inisiatif Michelin dan entitasnya di Indonesia untuk berkolaborasi dengan penyedia platform reforestasi dan pengelola kawasan konservasi di setiap daerah penanaman.

“LindungiHutan memiliki target untuk menanam pohon sejumlah penduduk Indonesia atau hampir 270 juta pohon dan kami mendorong keterlibatan berbagai pihak untuk bersama-sama terlibat dalam kegiatan reforestasi,” ujarnya.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article