Kamis, April 25, 2024

Multi dimensi pengembangan pariwisata Jember

Must read

Wis wayahe Jember kueren! Dalam bahasa Indonesia terjemahan bebasnya adalah “Sudah waktunya Jember menjadi bagus sekali!”

Demikian marketing tagline dari branding program J Kueren Pemerintah Kabupaten Jember dengan tujuan mengangkat  potensi dan aset Jember ke tingkat nasional dan  internasional. Sekaligus mematangkan persiapan menjadi tuan rumah PORProv (Pekan Olah Raga Provinsi) Jawa Timur yang akan berlangsung 22 Juni – 7 Juli 2022 dengan target sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi.

Pada dasarnya, pengembangan pariwisata suatu daerah tidak terlepas dari ketersediaan: 1) Sarana dan prasarana di obyek wisata tersebut, dan 2) Ketersediaan sarana transportasi untuk mencapai obyek wisata tersebut.

Ini sebagai pull factor dari wisatawan

Kedua poin penting tersebut akan memberikan pengaruh terhadap hiburan wisata dan atraksi wisata di obyek wisata dengan jaminan untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang untuk kembali berkunjung dikemudian hari.

Menelaah lebih lanjut pengembangan kepariwisataan pada umumnya yaitu hakikatnya dilakukan atas dasar beberapa motivasi perjalanan. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda-beda dalam melakukan suatu perjalanan; antara lain meliputi; 1) motivasi keluarga, 2) motivasi bisnis, 3) mortivasi keagamaan, 4) motivasi liburan, serta 5) motivasi kesehatan dan lain-lain.

Jember Fashion Carnaval – Vikings (Unsplash)

Pastinya kita mengetahui bahwa suatu motivasi merupakan trigger dari proses perjalanan wisata. Jadi pada dasarnya keputusan untuk melakukan perjalanan wisata dipengaruhi oleh 1) Kuatnya faktor-faktor pendorong (push factor) dari dalam diri seseorang tersebut; 2) Faktor-faktor penarik (pull factor) yang ada dalam setiap destinasi wisata.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article