Jumat, April 19, 2024

Orang-orang Hindu

Must read

Siksa Kubur

Mitra, ibu matahari dan air dan semua sumber kehidupan, terlahir sebagai dewi. Ketika sampai di India dari Babilonia atau Persia, sang dewi berubah menjadi dewa. Beberapa tahun berlalu sejak kedatangannya, tetapi di India perempuan tetap tidak terlalu dikehendaki. Jumlah perempuan lebih sedikit dari lelaki, di beberapa wilayah delapan banding sepuluh. Banyak yang tidak berhasil sampai ke dunia karena sudah meninggal saat di rahim ibunya, dan sebagian, tak terhitung jumlahnya, dicekik sampai mati saat lahir. 

Pencegahan adalah cara terbaik karena perempuan bisa sangat berbahaya. Sebagaimana diperingatkan oleh teks suci tradisi Hindu: “Perempuan yang menggairahkan adalah racun, ular, dan kematian, semua menjadi satu.”

Sebagian lainnya adalah perempuan saleh, walaupun adat kebiasaan yang dulu berlaku mulai hilang. Tradisi mengharuskan istri terjun ke dalam api yang sedang membakar jasad almarhum suaminya; sekarang hampir tidak ada yang bersedia menjalani perintah itu. 

Tetapi telah selama berabad atau bermilenium perempuan menaati, dan jumlah mereka amat banyak. Sebaliknya, tak ada satu kasus pun sepanjang sejarah India di mana suami terjun ke api pembakaran almarhum istrinya.

Mirrors

Eduardo Galeano

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article