Selasa, Mei 24, 2022

Rizki Natakusumah: Optimalkan media sosial untuk pembentukan identitas diri

Must read

Perkembangan penggunaan media internet sebagai sarana komunikasi menjadi semakin pesat setelah internet mulai dapat diakses melalui telepon seluler dan bahkan kemudian muncul istilah telepon cerdas (smartphone). Dengan hadirnya smartphone, fasilitas yang disediakan dalam berinteraksi pun semakin beraneka macam, mulai dari SMS, MMS, chatting, email, browsing serta fasilitas sosial media.

Media sosial dapat menjadi acuan tempat untuk mengkonstruksi pembentukan identitas imajinatif dari para pengguna yang berbeda dengan dunia nyata.

Konstruksi identitas dalam media sosial dapat dilakukan melalui memproduksi konten dengan beragam foto yang di upload berupa foto diri, teman, keluarga, tokoh tulisan yang dibuat atai dirujuk atau dikomentari, quote yang diambil, link yang diakses, tempat yang dikunjungi, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan atau diikuti.

Banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia tentu saja memunculkan kesempatan untuk mengoptimalkan kehadiran media sosial sebagai media pembentukan identitas diri di era digital tersebut.

Demikian kesimpulan dalam diskusi webinar Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan oleh APTIKA Kominfo dan DPR RI, dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pembentukan Identitas Diri di Era Digital”, yang diadakan di Jakarta, pada Kamis (14/4). Webinar ini juga diikuti oleh peserta yang bergerak dalam bidang pendidikan secara daring, melalui Zoom Virtual.

Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangarepan mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu karena adanya covid-19, telah mendorong kita semua untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktifitas di dunia digital.

Namun masifnya penggunaan internet di Indonesia, harus kita akui membawa serta berbagai resiko, seperti hoax, cyber bullying, dan konten negatif lainnya. “Oleh karena itu peningkatan penggunaan teknologi ini, perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna,” ujarnya (14/4).

Pemanfaatan teknlogi bukan hanya untuk pembentukan identitas diri, tetapi juga untuk pengembangan penddidikan. Komisi 1 DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah, mengatakan terdapat beberapa yang hal perlu kita utamakan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembentukan identitas diri dan pengembangan pendidikan.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article