Minggu, September 8, 2024

SEC Resmi Setujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Must read

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) akhirnya memberikan persetujuan resmi untuk dua ETF Ethereum yang diperdagangkan di platform perdagangan elektronik Arca di New York Stock Exchange (NYSE), Keputusan ini disambut baik oleh investor dan pelaku pasar kripto dan memberikan investor akses terhadap mata uang kripto terbesar kedua di dunia melalui pasar.

Keputusan SEC merupakan langkah signifikan bagi industri mata uang kripto karena memungkinkan akses langsung ke pergerakan harga ether melalui produk investasi yang teratur. ETF ini akan tersedia di tiga bursa utama: Cboe, Nasdaq, dan NYSE, yang semuanya telah mengkonfirmasi kesiapan mereka untuk memulai perdagangan produk baru ini. 

Para investor telah lama menantikan pengenalan ETF yang didasarkan pada mata uang kripto, dengan sebelumnya SEC telah menyetujui ETF yang terkait dengan bitcoin berjangka. Penambahan ETF untuk Ethereum memperluas pilihan bagi mereka yang tertarik untuk berinvestasi dalam aset digital melalui pasar keuangan tradisional.

Keputusan tersebut terjadi setelah minimal dua dari delapan pemohon mendapat persetujuan dari SEC untuk melanjutkan ETF mereka. Langkah ini dapat membuka jalan bagi lebih banyak ETF berbasis mata uang kripto di masa mendatang, karena SEC menunjukkan kecenderungan untuk menerima konsep integrasi aset digital ke dalam produk keuangan utama.

Head of Strategy Nanovest, M Yusuf Musa berpendapat “ETF merupakan salah satu channel yang baik bagi aset kripto, dalam hal ini untuk Ethereum (ETH). Karena dengan adanya ETF, investor dengan skala besar termasuk institusional dapat menjangkau produk aset kripto, ETH yang ditawarkan dapat menyebabkan permintaan (demand) dari aset kripto Ethereum (ETH) meningkat, dan tentunya akan mempengaruhi performa pasar dari ETH menjadi lebih baik.” 

Menurut analyst bloomberg, James Seyffart dan Eric Balchunas SEC juga menyetujui Grayscale untuk mengubah Grayscale Ethereum Trust (ETHE) menjadi ETF spot. Setiap dana dari pertukaran spot baru akan menampung ether, token kripto asli jaringan ethereum. Para pendatang juga meluncurkan ETF bitcoin spot pada awal Januari 2024.

Sebagian besar ETF baru akan diperdagangkan di bursa CBOE, dikutip dari Bloomberg. Grayscale Ethereum Trust, Grayscale Ethereum Mini Trust, dan Bitwise Ethereum ETF akan diperdagangkan di Bursa Efek New York, dan iShares Ethereum Trust akan terdaftar di Nasdaq.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article