Selasa, Februari 7, 2023

Senjata yang lain

Must read

Bagaimana bisa, di Peru, Francisco Pizarro, dengan hanya enampuluh delapan serdadu mengalahkan delapan ribu orang tentara Atahualpa tanpa seorang pun korban nyawa di pihaknya?

Penyerbu itu, Cortés, Pizarro, dengan cerdik memanfaatkan perpecahan di kalangan musuh mereka, yang tercabik oleh kebencian dan perang, dan dengan memberikan janji-janji palsu mereka berhasil melipatgandakan kekuatan melawan pusat kekuasaan Aztec dan Inca.

Selain itu, para penakluk itu menggunakan senjata yang tak dikenal di benua Amerika.

Bubuk mesiu, baja, dan kuda adalah barang-barang baru yang tak dikenal. Tongkat kayu tidak berdaya menghadapi meriam dan senapan sundut, tombak dan pedang, sebagaimana juga zirah dari kain melawan baja, atau prajurit jalan kaki melawan serdadu berkaki enam, penunggang dan kudanya. Senjata yang juga tak dikenal adalah cacar, campak, influensa, tipus, wabah pes, dan berbagai sekutu tak sengaja serdadu-serdadu penyerang itu.

Dan seolah semua itu belum cukup, orang-orang Indian juga tidak sama sekali tahu adat istiadat kehidupan beradab.

Ketika Atahualpa, raja Inca, mendekat untuk menyambut tamunya yang aneh, Pizarro menangkapnya dan berjanji membebaskannya dengan tebusan terbesar yang pernah dituntut. Pizarro mendapatkan tebusan itu dan ia memenggal kepala tawanannya.

Galeano 

“Mirrors”

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article