Kamis, April 25, 2024

Spin Off Daimler Truck

Must read

Daimler akan memisahkan diri menjadi dua perusahaan independen dengan fokus produk masing-masing dan pendaftaran terpisah Daimler Truck di bursa saham untuk mempercepat masa depan nol emisi serta berbasis perangkat lunak.

  • Rencana untuk memisahkan bisnis Daimler di sektor industri dengan mendirikan dua perusahaan independen dengan fokus produk masing-masing (pure-play)
  • Spin-off dan pendaftaran terpisah di bursa saham untuk Daimler Truck sesuai rencana
  • Sebagian besar saham mayoritas akan dibagikan kepada seluruh pemegang saham Daimler saat ini
  • Akan mengganti nama Daimler menjadi Mercedes-Benz pada waktunya
  • Mercedes-Benz akan menjadi salah satu merek bisnis terdepan di sektor mobil luxury di dunia dengan komitmen untuk memimpin mobilitas elektrik dan perangkat lunak mobil
  • Daimler Truck akan mempercepat langkah strategisnya sebagai produsen truk dan bus terbesar di dunia serta memimpin dalam perkembangan teknologi kendaraan truk untuk mencapai nol emisi
  • Kedua perusahaan ini diharapkan bisa memiliki likuiditas bersih yang kuat untuk mengejar target finansial yang ambisius
  • Tim layanan finansial dari Daimler Mobility akan ditugaskan untuk menangani bisnis Mobil & Van serta Truk & Bus
  • Daimler Truck akan didaftarkan di bursa saham Frankfurt pada akhir tahun 2021

Daimler merencanakan perubahan mendasar dalam strukturnya, yang dirancang untuk membuka potensi penuh bisnisnya menuju masa depan nol emisi, dan berbasis perangkat lunak. Dewan Pengawas dan Dewan Manajemen Daimler setuju untuk mempertimbangkan usulan spin-off bisnis Truk dan Busnya dan memulai persiapan dalam mendaftarkan Daimler Truck secara terpisah di bursa saham.

Artinya sebagian besar dari saham di Daimler Truck akan dibagikan ke para pemegang saham Daimler. Bisnis Daimler Truck akan memiliki manajemen yang sepenuhnya independen, tata kelola perusahaan yang berdiri sendiri termasuk Ketua Dewan Pengawas independen, agar bisa memenuhi syarat menjadi perusahaan yang terdaftar di indeks DAX.

Transaksi dan pencatatan Daimler Truck di bursa Frankfurt diharapkan selesai sebelum akhir tahun 2021. Selain itu, Daimler juga berniat untuk mengganti nama menjadi Mercedes-Benz pada waktu yang tepat.

Penyederhanaan struktur Daimler menjadi dua perusahaan yang kuat dan independen.
“Hal ini merupakan momen bersejarah bagi Daimler. Ini merupakan awal dari penataan kembali perusahaan secara mendalam. Mercedes-Benz Cars & Vans serta Daimler Trucks & Buses adalah dua bisnis yang berbeda dengan kelompok pelanggannya masing-masing, arah pengembangan teknologinya sendiri dan juga kebutuhan modal yang spesifik,” kata Ola Källenius, Ketua Dewan Manajemen Daimler dan Mercedes-Benz.

“Mercedes-Benz merupakan brand mobil mewah atau luxury yang terdepan di dunia, menawarkan kendaraan yang paling diinginkan kepada pelanggan yang cerdas. Daimler Truck menyediakan solusi dan layanan transportasi terkemuka di industri kepada pelanggan. Kedua perusahaan beroperasi di industri yang sedang mengalami perubahan besar secara struktural dan juga teknologi yang digunakannya.”

“Dalam konteks ini, kami yakin mereka akan dapat beroperasi secara lebih efektif sebagai entitas independen, dilengkapi dengan likuiditas bersih yang kuat dan bebas dari kendala struktur konglomerat,” tambahnya.

Seiring perubahan struktur perusahaan menjadi lebih fokus, baik Mercedes-Benz dan Daimler Truck juga akan didukung oleh entitas layanan finansial dan mobilitas yang berdedikasi, agar bisa mendorong penjualan dengan melalui penyelenggaraan solusi pembiayaan, penyewaan dan mobilitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sekaligus meningkatkan retensi dan membangun loyalitas pelanggan.

Dalam proses ini, perusahaan akan menempatkan sumber daya dan tim yang saat ini ada di Daimler Mobility untuk membantu Mercedes-Benz dan Daimler Truck.

“Kami percaya pada kekuatan finansial dan operasional dari dua divisi kendaraan kami. Dan kami meyakini bahwa manajemen dan tata kelola yang independen akan memungkinkan mereka untuk beroperasi lebih cepat, berinvestasi dengan lebih ambisius, menargetkan pertumbuhan dan membangun kerja sama dengan lebih baik, dan dengan demikian menjadi lebih gesit dan kompetitif,” ungkap Källenius.

Daimler Truck menargetkan pertumbuhan dan mempercepat pengembangan teknologi baru Daimler Truck senantiasa berupaya menghasilkan nilai lebih bagi pemegang sahamnya dengan mempercepat pelaksanaan rencana strategisnya, meningkatkan profitabilitasnya, sekaligus mendorong pengembangan teknologi bebas emisi untuk truk dan bus.

“Ini merupakan momen yang sangat penting bagi Daimler Truck. Seiring dengan kemandirian yang terjadi, akan datang kesempatan yang lebih besar, visibilitas dan transparansi yang lebih besar. Kami akan tumbuh lebih jauh dan melanjutkan kepemimpinan kami dalam hal powertrains dan otomatisasi alternatif. Kami telah menentukan arah bisnis kami ke depannya dengan truk baterai-listrik dan bahan bakar sel, serta posisi yang kuat dalam hal kendali otonom. Dengan kemitraan yang kami bangun, kami akan mempercepat pengembangan teknologi utama untuk menghadirkan produk terbaik di kelasnya kepada pelanggan kami dengan cepat,” kata Martin Daum, Anggota Dewan Manajemen Daimler dan Ketua Dewan Manajemen Truk Daimler.

“Truk Daimler sudah memiliki basis finansial yang kokoh, dan juga model bisnis yang kuat. Kami akan terus meningkatkan kinerja manajemen arus kas kami dan kami paham betul bagaimana menangani siklus pasar industri – kami telah membuktikan kemampuan kami ini saat terjadi pengurangan yang signifikan pada pasar global akibat Covid-19. Kami memiliki strategi yang jelas untuk meningkatkan kinerja finansial dan mempercepat eksekusi keuangan kami. Kami akan memanfaatkan merek global kami yang kuat dan ternama, skala usaha kami, dan juga teknologi luar biasa kami untuk menghasilkan pengembalian keuntungan yang terdepan di industri,” tambah Daum.

Daimler AG Zentrale – Stuttgart Daimler AG Headquarter Stuttgart, Germany

Daimler Truck merupakan produsen Truk dan Bus terbesar di dunia, dan menduduki posisi terdepan dalam industri di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Dengan lebih dari 35 kantor utama di seluruh dunia serta lebih dari 100.000 karyawan, Daimler Truck menaungi tujuh merek: BharatBenz, Freightliner, Fuso, Mercedes-Benz, Setra, Thomas Built Buses, dan Western Star. Pada tahun 2019, total sekitar setengah juta truk dan bus telah dikirimkan ke pelanggan.

Pendapatan pada 2019 untuk masing-masing divisi adalah sebagai berikut: € 40,2 miliar untuk Daimler Truck dan € 4,7 miliar untuk Daimler Buses. EBIT sebesar € 2,5 miliar untuk Daimler Truck dan € 283 juta untuk Daimler Buses.

Langkah penting untuk pelanggan, pemegang saham, dan karyawan Manfred Bischoff, Ketua Dewan Pengawas Daimler, melihat rencana pendaftaran ke pasar modal tersebut sebagai langkah penting untuk menciptakan nilai: “Mercedes-Benz dan Daimler Truck menjalani transformasi ini dengan kekuatan bisnis yang signifikan dan kami yakin kedua perusahaan ini akan muncul lebih kuat sebagai perusahaan independen untuk melayani pelanggannya masing-masing.”

“Dengan profil pengembalian keuntungan dan kebutuhan modal yang berbeda, alasan pembentukan dua entitas independen ini menjadi jelas. Kami yakin bahwa pasar modal akan menghargai peluang untuk berinvestasi dalam bisnis yang lebih fokus dan spesifik atau pure-play. Tentunya, keputusan akhir akan spin-off harus dibuat oleh rapat pemegang saham luar biasa Daimler, yang rencananya akan berlangsung pada Q3 di 2021.”

Michael Brecht, Ketua Dewan Pekerjaan Umum Daimler, mendukung rencana tersebut: “Transformasi industri kami bergerak dengan sangat cepat. Agar kami bisa mengimbangi perubahan yang terjadi, kami perlu berinvestasi agar bisa melakukan inovasi dengan lebih berani dan lebih cepat. Untuk itu, kami akan menyiapkan dana inovasi dengan volume € 1,5 miliar untuk Daimler Truck di samping rencana finansial kami saat ini. Ini akan memungkinkan kami untuk berinvestasi dalam produk dan teknologi baru, dan kami akan aktif menyumbangkan ide-ide kami. Sehingga, kami bisa memberikan dukungan tambahan untuk keberadaan bisnis kami di beberapa lokasi serta membantu dalam mengamankan kelangsungan karyawan.”

“Selain itu, kesepakatan perundingan bersama seperti perjanjian kerja, akan terus berlaku hingga akhir dekade ini. Pemisahan ini diharapkan akan membawa berbagai keuntungan bagi Mercedes-Benz dan Daimler Truck, dan kami akan senantiasa membantu sesama rekan kami untuk menegakkan kepentingannya. Kami memiliki peluang unik untuk secara proaktif dan berkelanjutan menata kembali pabrik kendaraan komersial kami – mulai dari produksi hingga bisnis jasa yang ditawarkan kepada pelanggan – untuk membantu membuka lembar baru kisah sukses Truk Daimler.”

Rincian lebih lanjut akan disampaikan pada rapat pemegang saham luar biasa Q3 2021. Struktur transaksi yang dimaksudkan akan melibatkan Daimler yang memindahkan sebagian besar saham Daimler Truck kepada pemegang sahamnya secara pro rata sesuai dengan kepemilikan saham yang ada, meski tetap berencana untuk mempertahankan kepemilikan saham minoritasnya. Perwakilan Daimler di Dewan Pengawas Truk Daimler telah menyetujui rencana dekonsolidasi tersebut.

Ini menandai awal dari proses penyelesaian transaksi sesuai rencana. Dengan demikian, sulit untuk memberikan keterangan lengkap dalam waktu dekat mengenai berbagai hal terkait finansial dan teknis, termasuk jumlah saham yang akan ditawarkan serta rasio alokasinya.

Perincian lebih lanjut dari rencana spin-off akan disampaikan kepada pemegang saham pada rapat pemegang saham luar biasa di Q3 2021, untuk mendapatkan persetujuan wajib atau mandatory approval atas rencana tersebut dari mereka.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article