Kamis, April 18, 2024

Standar keselamatan Qatar Airways

Must read

Siksa Kubur

  • Penumpang kini diwajibkan untuk memakai face shield sebagai tambahan dari masker atau penutup wajah selama penerbangan, dan akan diberikan kotak protektif (protective kit) secara cuma-cuma di pesawat 
  • Maskapai juga memperkenalkan baju perlindungan baru untuk awak kabin 
  • Qatar Airways telah memimpin industri selama masa sulit ini, memberikan pengalaman penerbangan yang aman dan dapat diandalkan yang tak tertandingi 

Maskapai Qatar Airways telah mengembangkan standar kesehatan serta keselamatan di pesawat dengan memperkenalkan Alat Pelindung Diri (APD) baru untuk penumpang dan awak kabin. Penambahan standar keselamatan maskapai termasuk menawarkan face shield serta kotak protektif kepada semua penumpang, sebagai tambahan dari baju perlindungan baru untuk awak kabin. 

Face shield sekali pakai tersebut tersedia dalam dua ukuran standar – satu untuk dewasa dan lainnya untuk anak-anak. Face shield untuk anak didesain dengan maskot maskapai Oryx Kids Club. Penumpang yang berpergian dari Bandara Internasional Hamad (HIA) akan menerima face shield di konter check-in, sementara di destinasi lain, face shield akan didistribusikan di gerbang boarding.

Di pesawat, semua penumpang Qatar Airways akan disediakan kotak protektif secara cuma-cuma. Dalam kotak tersebut tersedia masker wajah sekali pakai, sarung tangan powder-free sekali pakai serta gel hand sanitizer yang berbasis alkohol. Penumpang Kelas Bisnis juga akan diberikan tambahan 75ml tube hand sanitizer

Qatar Airways juga memperkenalkan baju perlindungan baru sekali pakai untuk para awak kabin yang sesuai dengan seragam mereka sebagai tambahan dari kaca mata keselamatan, sarung tangan serta masker wajah. Baju perlindungan tersebut dipersonalisasikan dengan logo Qatar Airways di sudut kiri baju. 

Untuk memastikan tingkat kebersihan tertinggi di pesawat terpenuhi, penumpang Kelas Ekonomi diwajibkan untuk memakai face shield sebagai tambahan dari masker serta penutup wajah selama penerbangan, kecuali ketika mereka sedang dihidangkan makanan atau minuman.

Penumpang Kelas Bisnis akan diminta untuk menggunakan face shield serta masker wajah dengan kenyamanan masing- masing karena mereka dapat menikmat ruang yang lebih luas serta lebih privat. 

Sebagai tambahan, untuk pesawat yang dilengkapi dengan Qsuite, tempat duduk kelas bisnis yang memenangkan banyak penghargaan, penumpang Kelas Bisnis bahkan mendapat privasi yang lebih besar dengan partisi geser serta pintu tertutup sempurna dan opsi indikator display “Do Not Disturb (DND)” atau “Jangan diganggu” jika mereka ingin membatasi interaksi mereka dengan awak kabin. 

Para orang tua yang terbang bersama anak-anak disarankan untuk tetap menggunakan APD selama perjalanan, meskipun anak di bawah umur 2 tahun tidak disarankan untuk menggunakan face shield atau masker wajah sebagai pelindung.

Pada saat masuk ke pesawat serta keluar pesawat, semua penumpang diwajibkan menggunakan masker atau penutup wajah termasuk face shield

Semenjak mulai krisis Covid-19, maskapai juga sudah menerapkan beberapa standar kesehatan serta keselamatan di pesawat. Makanan Kelas Bisnis disajikan di nampan dan bukan di atur di meja, serta peralatan makan yang dibungkus ditawarkan kepada penumpang sebagai alternatif dari layanan peralatan makan individu, sebagai usaha untuk meminimalisir kontak antara penumpang dengan awak kabin. 

Qatar Airways juga memperkenalkan kartu menu sekali pakai dan tisu penyegar yang terbungkus rapih. Makanan serta peralatannya di Kelas Ekonomi disajikan seperti biasa sementara kartu menu ditiadakan untuk sementara waktu. Semua area sosial di pesawat telah ditutup agar mengikuti peraturan jarak sosial (social distancing). 

Pesawat Qatar Airways segara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan mengunakan produk-produk yang direkomendasikan oleh International Air Transport Association/ Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) serta World Health Organization/ Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pesawat juga memiliki fitur yang sangat canggih dalam hal sistem filtrasi udara, dilengkapi dengan filter industrial HEPA yang dapat menghilangkan 99,97% virus dan bakteri dari sirkulasi ulang udara yang mungkin terkontaminasi, memberikan proteksi paling efektif terhadap infeksi. 

Kain serta selimut yang terdapat di pesawat dicuci dan dikeringkan serta ditekan dengan temperatur panas yang membunuh microbial, sementara itu busa headset dikeluarkan dan disanitasi secara ketat setiap setelah penerbangan.

Peralatan tersebut kemudian dibungkus kedalam kemasan individual oleh karyawan kami dengan menggunakan sarung tangan higienis sekali pakai. 

Awak kabin telah menerima pelatihan bagaimana cara meminimalisir kemungkinan mereka untuk terjangkit atau menyebarkan infeksi. Mereka di-screening secara termal sebelum keberangkatan serta saat tiba dari penerbangan, dan mereka di karantina serta dites apabila kolega atau penumpang di pesawat menunjukkan gejala infeksi atau positif dari tes virus. 

Sebagai tambahan, HIA telah mengimplementasikan prosedur kebersihan katat serta mengaplikasikan standar jarak sosial di seluruh terminal. Semua titik sentuh para penumpang disanitasi setiap 10 – 15 menit dan setiap konter gerbang boarding dibersihkan setiap setelah penerbangan. Sebagai tambahan lagi, hand sanitizer tersedia di imigrasi serta titik screening keamanan. 

Sejak pertengahan Februari, Qatar Airways telah membantu menyatukan kembali hampir dua juta penumpang dengan orang- orang yang dicintainya, mengoperasikan pelayanan terjadwal serta carter ke beberapa sektor tambahan. Secara global, Qatar Airways meluncurkan kembali 11 destinasinya pada 1 Juli. 

Ini merupakan jumlah besar dalam satu hari semenjak Qatar Airways mulai membangun kembali jaringannya, hari tersebut kami namakan “Takeoff Wednesday”. Pada pertengahan Juli, jaringan ini akan berkembang ke lebih dari 65 destinasi di dunia. 

Qatar Airways, sebuah maskapai yang memenangkan banyak penghargaan, dinobatkan sebagai World’s Best Business Class ‘ oleh World Airline Awards 2019, yang dikelola oleh organisasi pemeringkat transportasi udara internasional Skytrax.

Selain itu, Qatar Airways juga dinobatkan sebagai ‘Best Airline in the Middle East‘, ‘World’s Best Business Class’ dan ‘Best Business Class Seat’, sebagai pengakuan atas pengalaman kelas bisnisnya yang mengagumkan, Qsuite. 

Qatar Airways telah dinobatkan penghargaan bergengsi “Skytrax Airline of the Year”, yang diakui sebagai puncak keunggulan dalam industri penerbangan, sebanyak lima kali. Rumah Qatar Airways serta bandara pusat HIA, telah dinobatkan “Bandara Terbaik Ketiga di Dunia” oleh SKYTRAX World Airport Awards 2020. 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article