Jumat, April 19, 2024

Super Sports Car Maserati MC20

Must read

Siksa Kubur

Gaya Dinamis Penanda Era Baru Maserati

MC20 berasal dari singkatan Maserati Corse 2020 yang menandai masuknya era baru bagi merek terkemuka asal Italia ini, menemukan kembali DNA sporty, akar kedinamisan dan puncak keberanian. Kendaraan Maserati sebelumnya terkenal dengan kenyamanan dan keanggunannya di jalanan. Kini perusahaan menggantinya dengan sosok yang ganas di lintasan: melesat kencang tanpa perlu “berkeringat.” 

MC20 merepresentasikan bentuk murni kecepatan, dengan keahlihan Maserati: sebuah karya rekayasa dengan pahatan yang indah, potongan demi potongan material karbon mentah yang dibentuk dengan ketelitian tinggi, menjadi cerminan masa depan estetika merek ini.

Super Sports Car ini diciptakan melalui proses eliminasi, tanpa embel-embel lain, hanya energi yang menciptakannya. MC20 seakan dipahat untuk kecepatan, begitu murni  sehingga setiap orang dapat langsung mengenali ciri istimewa sebuah Maserati bahkan saat mesin dimatikan.

Semua ini bermula pada tahun 1926 saat model legendaris Tipo 26, sebagai mobil balap pertama yang menampilkan logo Trident Maserati. Dengan cara yang sama, MC20, yang dibuat pada 2020, menjadi mobil pertama di era baru. Desainnya mengekspresikan performa tinggi namun tetap selaras dengan keanggunannya. Rancang bangun menawan pada tubuhnya seakan memunculkan aura dinamis. Maserati merancang badannya dengan kostum yang dapat menyiratkan alur tubuh penuh keindahan alami.

Bentuk MC20 juga akan tersedia dalam versi convertible dan elektrik yang merupakan komposisi dari elemen-elemen yang menyatu dalam kesempurnaan mekanikal. Sudut-sudut tajam dapat menghasilkan gesekan yang dapat memperlambat, namun kehebatan rangka serat karbon monokok yang digunakannya memungkinkan udara mengalir bebas di atasnya. Ventilasi samping hadir namun tidak terlihat. Bahkan logo Trident, yang menjadi lambang Maserati dibuat kecil, melebur pada esensi kendaraan itu sendiri. 

Sumber inspirasi grafis muncul dari tiga aspek yang sempurna, dengan sebuah elemen sentral dan dua elemen lateral. Itu semua menghiasi jendela belakang dan pola roda. Pintu model kupu-kupu dapat terbuka secara dramatis, sayap terbentang ke atas untuk memfasilitasi masuk dan keluarnya pengemudi maupun penumpang.

Walau perawakannya rendah, mobil ini sekaan menunjukkan keinginan untuk segera melesat. Bagian bawah MC20 dibalut lapisan gelap, dalam bentuk serat karbon maupun balutan cat hitam yang memperkokoh kesan teknologi tinggi. Semua hal ini hanya mencerminkan satu hal: teknologi yang murni.

Dalam semangat kontras dan harmoni, warna baru menjadi metafor semangat pergerakan mobil ini. Contohnya dalam balutan warna Bianco Audace, MC20 tampak berkilau dengan warna dasar biru saat terpapar cahaya. Opsi lain, Blu Infinito mengilap kala disinari matahari. Dan cat Grigio Mistero mengingatkan pada logam cair tapi penuh kecantikan memukau. 

Selain itu, ada enam pilihan berbeda yang mencakup Rosso Vincente, Giallo Genio, Nero Enigma yang turut menambah kemolekan mobil. Bahkan interiornya, nyaman, berbekal pencahayaan, mewah serta sesuai citra merek yang memancarkan kesan dinamis. Efek tekstur yang dibuat dengan laser, hingga jok berbalut kulit Alcantara turut menambah kemewahan kabin.

Sistem entertainment menampilkan layar beresolusi tinggi yang mirip dengan sebuah tablet, untuk pengalaman total di dalamnya. Sementara peranti audio yang tertanam merupakan karya istimewa Sonusfaber, yang merupakan 100% kolaborasi perusahaan Italia dan terkenal dengan speaker akustik yang dirancang begitu cermat. 

Jantung MC20 berupa mesin bensin V6 twin turbo yang dibuat di pabrik Modena. Ini jadi kali pertama yang produksi, setelah lebih dari dua puluh tahun lamanya berhenti. Posisi mesin terletak di bagian belakang, sesuai dengan konfigurasi mobil balap tradisional.

Mesin unik ini dilengkapi teknologi Formula 1, menyuguhkan sensasi seistimewa mobil balap. Bagian teknis bersejarah ini disebut Nettuno, yang mencuatkan tenaga 621 hp dari mesin berkapasitas 3.000 cc. 

Kendaraan istimewa bergolo trisula ini siap menaklukkan negeri-negeri baru yang akan membawa suara indah Maserati berekspresi maksimal baik di jalan terbuka maupun di sirkuit balap.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article