- Inovasi produk dan layanan dari Allianz Indonesia merupakan jawaban terhadap tantangan pasar yang dinamis
- Melalui ekosistem digital Allianz Indonesia, nasabah dapat memperoleh pengalaman unik dari produk dan layanan yang diberikan
Inovasi dan ekosistem digital
Allianz Indonesia secara konsisten mengeluarkan berbagai inovasi produk dan layanan untuk memenuhi ekspektasi nasabah. Strategi ini sejalan dengan data yang diperoleh dari riset Accenture Global Financial Services Consumer Study 2019 yang menyatakan bahwa setengah dari konsumen mengharapkan penyedia produk dan jasa keuangan memiliki proposisi yang sesuai dengan kebutuhan utama konsumen, bukan hanya menjadi layanan keuangan tradisional.
Proposisi ini berfokus pada kebutuhan nasabah, salah satunya seperti “mobilitas” dalam mengakses produk dan layanan asuransi. Konsumen juga menginginkan integrasi yang baik di seluruh channel, baik fisik maupun digital, atau yang dikenal sebagai “omni channel”, yang mampu memberikan kemudahan perpindahan dari physical channel ke digital channel, serta sebaliknya. Hal ini membawa peluang bagi perusahaan asuransi untuk memperluas ekosistem yang akan memberikan nilai lebih kepada nasabah. Ekosistem yang tercipta harus mampu menjadi solusi di setiap “momen hidup” nasabah — seperti ketika nasabah membutuhkan asuransi saat mulai berkeluarga.
Komitmen dan strategi Allianz Indonesia dalam inovasi dan ekosistem digital ini menjadi topik utama yang disampaikan oleh Allianz dalam dua acara bertema digital.
“Di era digital ini, teknologi menantang dan mengubah banyak hal, termasuk perilaku nasabah. Kini nasabah menginginkan produk dan layanan yang serba cepat dan customized, serta pengalaman unik yang luar biasa,” ungkap Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia, dalam acara Wild Digital 2019 yang digelar di Hotel Grand Sheraton, Jakarta.
“Perubahan perilaku nasabah justru mendorong kami untuk terus berinovasi menghadirkan beragam produk dan layanan yang sesuai dengan ekspektasi pasar. Kami menjadikannya sebagai peluang terbaik untuk terus meningkatkan eksistensi Allianz Indonesia – untuk melindungi lebih banyak masyarakat. Terobosan yang terus kami hasilkan adalah bukti Allianz mampu berevolusi mengikuti perubahan zaman,” tambah Joos.
Di kesempatan berbeda, Joos juga mengungkapkan bahwa transformasi digital adalah salah satu kunci utama untuk melawan disrupsi dan menjangkau lebih banyak potensi pasar. “Kami mengubah fokus, dari amount ke account. Melalui pemanfaatan teknologi, kami berupaya menyediakan akses yang cepat dan mudah, sehingga kian banyak masyarakat Indonesia yang merasa nyaman untuk melengkapi dirinya dengan asuransi,” ungkap Joos dalam acara Disrupto 2019.