Minggu, November 24, 2024

Penggunaan pembayaran nirsentuh selama Covid-19

Must read

Selama masa pandemi COVID-19, metode pembayaran nirsentuh muncul sebagai solusi penting bagi konsumen di Indonesia untuk bertransaksi dengan cara yang lebih mudah, praktis dan aman. UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 mengungkapkan bahwa di antara metode pembayaran nirsentuh yang tersedia, konsumen di Indonesia lebih senang menggunakan metode pembayaran antara sesama konsumen atau peer-to-peer (76 persen), diikuti oleh pembayaran menggunakan QR Code (69 persen) dan internet banking berbasis seluler (64 persen).

Hanya seperempat responden yang mengatakan bahwa mereka masih bergantung pada pembayaran tunai selama pandemi. Dari responden yang masih melakukan pembayaran tunai, sebesar 34 persen adalah konsumen yang berusia antara 51- 65 tahun.

Studi UOB juga menemukan bahwa preferensi pembayaran digital berbeda antar generasi. Sebanyak 70 persen Gen-Y Indonesia yang disurvei lebih menyukai layanan pembayaran peer-to-peer, sementara 77 persen konsumen Gen-Z lebih memilih pembayaran sistem QR (QRIS). Sedangkan preferensi utama dari generasi Baby Boomers adalah layanan internet banking berbasis seluler (sebesar 69 persen).

Temuan UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 sejalan dengan data transaksi UOB Indonesia dan TMRW, bank digital UOB yang ditujukan untuk generasi digital ASEAN. Data UOB Indonesia menunjukkan bahwa dari Februari hingga Desember 2020, transfer dana elektronik 45 bulanan (RTOL dan RTGS) yang dilakukan oleh nasabah TMRW tumbuh rata-rata 26 persen.

Khoo Chock Seang, Head of Personal Financial Services and Digital Bank, UOB Indonesia, mengatakan, “Pandemi COVID-19 telah mempercepat digitalisasi di sebagian besar aspek kehidupan kita. Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang memperhatikan keamanan dan kemudahan pembayaran digital melalui ponsel mereka, kami berharap permintaan layanan berbasis seluler akan terus tumbuh dan mendorong tujuan Indonesia untuk mewujudkan cashless society.”

“Di UOB, kami mendukung pembayaran non-tunai seperti yang diinginkan pemerintah dengan meluncurkan perbankan digital dan mendesain metode pembayaran menjadi lebih mudah, aman dan cerdas. Hal ini membantu menjawab kebutuhan lebih dari sembilan puluh persen responden dalam survei kami yang mengatakan bahwa mereka menginginkan layanan digital yang lebih nyaman (95 persen) dan metode pembayaran digital yang aman (94 persen).”

Sebagai bagian dari inisiatif untuk masuk ke ranah bank digital, pada bulan Agustus 2020 UOB Indonesia meluncurkan TMRW yang telah meraih pengakuan industri sebagai bank yang fokus melayani generasi digital kawasan ASEAN. Dengan TMRW, nasabah akan memperoleh pengalaman tanpa kontak langsung, mulai dari pembukaan rekening hingga menjalankan berbagai fitur transaksi perbankan yang tersedia di dalam aplikasi TMRW.

Pengalaman digital menyeluruh ini didukung oleh fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning guna menciptakan pengalaman yang menarik dan dipersonalisasi berdasarkan data transaksi setiap nasabah. Dengan memahami dan mengantisipasi kebutuhan nasabah, TMRW mampu menyajikan wawasan yang disesuaikan untuk membantu setiap pengeluaran individu maupun menabung dengan lebih bijak.

“Karena tren bergerak ke preferensi pembayaran nirsentuh dibandingkan dengan pembayaran tunai, kami percaya TMRW merupakan masa depan. Melalui fitur QR di TMRW yang memungkinkan pembayaran cepat dan nyaman, UOB sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai dan target Bank Indonesia untuk menjangkau 12 juta merchants menggunakan metode pembayaran QRIS pada akhir tahun 2021,” demikan dikatakan Khoo.

Tentang UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020

Kajian UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 bertujuan untuk memahami konsumen ASEAN dengan lebih baik karena kawasan ini mengalami transformasi sosial dan ekonomi yang signifikan. Untuk studi perdana yang dijalankan pada Juli 2020, telah diwawancara lebih dari 3.500 responden dari lima negara ASEAN, termasuk lebih dari 600 konsumen di Indonesia.

Di antara lima negara ASEAN yang tercakup dalam UOB ASEAN Consumer Sentiment Study, Indonesia memiliki pangsa konsumen tertinggi (74 persen) yang mengatakan bahwa penggunaan pembayaran digital atau tanpa uang tunai telah meningkat, melebihi Singapura (70 persen), dan Vietnam (67 persen), Malaysia (63 persen) dan Thailand (50 persen) selama pandemi berlangsung.

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article