Selasa, September 24, 2024

Pendidikan fotografi, pilih formal atau nonformal?

Must read

Bahkan karya-karya foto yang hebat, menghadirkan fakta dengan dimensi yang mendalam, kadang dapat dijadikan dasar pertimbangan proses pengambilan keputusan – di tingkat board of director suatu organisasi, juga bagi publik konsumen.

Padepokan Fotografi Bromo, sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di bidang fotografi dan media visual lainnya, oleh para pendirinya disiapkan untuk ikut berperan aktif dalam perkembangan tersebut, melengkapi peran pusat-pusat pendidikan fotografi formal di pelbagai perguruan tinggi. 

Padepokan Fotografi Bromo bersikap inklusif, siap berkolaborasi dengan lembaga kursus dan pelatihan fotografi yang tersebar di seluruh Indonesia – bahkan pusat pelatihan fotografi di negara lain. 

Keistimewaan Padepokan Fotografi Bromo selain didukung oleh para empu dan maestro di bidang fotografi, para pengajar media visual berpengalaman di perguruan-perguruan tinggi ternama (ISI, Trisakti, IKJ), juga karena lokasinya di Kawasan Gunung Bromo, tujuan wisata yang memiliki daya pikat alam luar biasa indah. Kegiatan pelatihannya berpusat di Jiwa Jawa Resort, Bromo.

Tampaknya ini satu-satunya pusat pelatihan fotografi di Indonesia yang berada di wilayah gunung, 2.000 meter di atas permukaan laut. Kalau untuk berlatih kung-fu pergi ke Shaolin Temple atau naik ke Pegunungan Wudang di Tiongkok, maka untuk meningkatkan kemahiran fotografi kita naik ke Kawasan Gunung Bromo.

Ruang-ruang kelas untuk pelatihan, ukuran kecil, sedang, dan besar, sudah tersedia di komplek Jiwa Jawa Resort. Di samping itu tersedia juga lahan untuk kelas out-door, termasuk di amfiteater. Para peserta pelatihan mendapatkan fasilitas menginap gratis, sumbangan The Pagupon Bromo, by Jiwa Jawa Resort, untuk meringankan biaya bagi peserta.

The Pagupon adalah sederet kamar dengan view mengagumkan. Para peserta hanya membayar biaya pelatihan atau workshop dan tentu makan sesuai pilihan masing-masing.

Kursus dan pelatihan di Padepokan Fotografi Bromo dimulai 17 Juli 2022, start dengan dua pelatihan intensif di bidang: Documentary and Journalistic Photography dan Stage Photography.

Empat peserta yang lolos seleksi memperoleh pelatihan gratis dalam summer camp photography dan praktik meliput Jazz Gunung (free). Kelas-kelas selanjutnya di Padepokan Fotografi Bromo adalah: Commercial Photography dan Landscape Photography (Agustus 2022); Workshop Cyanogram, Afghan Camera, Fotografi Plat Kaca (September).

Setiap bulan Padepokan Fotografi Bromo juga menyelenggarakan lokakarya tematik. Selain itu juga menyiapkan kelas untuk pemula, untuk remaja, photography for kids, kelompok komunitas. Semua dilaksanakan dalam semangat fun learning, belajar meningkatkan skill fotografi dengan cara menyenangkan, di lingkungan alam yang mengagumkan. 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article