Jumat, September 20, 2024

Buku PR Karya Praktisi dan Akademisi

Must read

Dalam buku ini, Susi, antara lain, memaparkan kerangka kerja praktik, dan teoretis public relations dengan cara yang sangat gamblang. Terlebih saat paradigma public relations telah mengalami transformasi seiring perkembangan pesat teknologi komunikasi, yang langsung tidak langsung telah berpengaruh pada pola kerja dan peran public relations.

Sementara, Ika Sastrosoebroto, antara lain memapaparkan bahwa public relations tidak hanya dimaksudkan untuk sekadar membangun awareness, tetapi juga untuk menjangkau loyalty beyond reason. “Bukan semata investasi dalam persepsi, tetapi juga untuk membangun business outcome selanjutnya,” kata Ika Sastrosoebroto.

Public relations, jelas Ika, juga berfungsi untuk mengilhami atau membujuk orang agar secara alami membicarakan “kita” dengan nada positif. Nada yang menghasilkan persepsi baik dan kredibilitas tinggi, juga yang dapat mengarahkan audience ke arah pembicaraan yang sesuai dengan harapan “kita”.

Dalam buku mereka ini, sebagai praktisi dan akedemisi di bidang public relations, Ika dan Susi sama-sama mendukung kebebasan pers dan kebebasan informasi di dunia media sosial, selama keduanya menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, kebenaran, dan fakta nyata. 

Mereka sepakat, konten media massa dan konten media sosial, harus obyektif dan memegang teguh tanggung jawab sosial. Praktisi dan akademisi public relations pun, tulis mereka, harus turut serta menjadi bagian dalam menciptakan konten-koten di kedua media itu, dan menciptakan peradaban informasi ke arah yang jauh lebih baik, terukur dan dapat dipertangungjawabkan.

Ika Sastrosoebroto, penulis, adalah seorang public relations profesional yang menekuni dunia public relations sejak 1995. Sebelumnya ia pernah berkecimpung di dunia advertising, graphic design, activation dan production house, serta mengikuti perkembangan komunikasi digital.

Berbekal Pendidikan Dasar di Marsudirini Jakarta Utara dan IISIP Jakarta, saat ini Ika masih berkarya sebagai CEO di Prominent PR.

Sebagai profesional PR, Ika sudah menangani strategi PR untuk beragam industri. Mulai dari industri properti, finansial, pertambangan, kesehatan, pariwisata dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition/Event), transportasi atau logistik, human capital development, FMCG,, Cigarette, Personal Branding, Pertahanan dan lain-lain.

Baik bagi perusahaan swasta dalam dan luar negeri, maupun instansi pemerintah dan NGO (Non Government Organization).

Bagi Ika, industri public relations atau komunikasi adalah “ladang bermain” yang tidak pernah melelahkan. Passion-nya di dunia public relations lahir dari semangat untuk berkompetisi secara fair dan fun, demi menghadirkan outcome terbaik bersama tim.

Susilowati Natakoesoemah, penulis, merupakan praktisi sekaligus akademisi pada bidang komunikasi. Alumni Universitas Indonesia pada jenjang doktoral pada Ilmu komunikasi UI ini telah menggeluti berbagai industri bisnis termasuk advertising agency dan perbankan. 

Selain sebagai dosen, saat ini Susi bergabung di Prominent PR sebagai Associate Partner dan sebagai Director for Research Development untuk Resonance untuk membangun social movement.

Baginya, profesi public relations sangat menyenangkan dan memberikan tantangan tersendiri, karena PR  merupakan profesi yang kreatif sehingga dapat bebas untuk mengeluarkan ide-ide baru dan inofatif, disamping dapat membina hubungan secara luas  dengan berbagai kalangan dari berbagai industri. (Namita Marsya Eiffelira)

Buku ini telah tersedia dan dapat dipesan melalui berbagai market place.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi M. Abi Al Haq, +62 895-3608-09898

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article